Al-Farizi, Salman (2015) تطبيق الطريقة المباشرة في تعليم اللغة العربية لطالبات السنة الثانية المتوسطة بمعهد بستان العلوم الغزالي دوكوه دمبروك جمبير جاوى الشرقية العام الدراسي : ٢٠١٥-٥٢٠١٤. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Salman Al-Farizi - PBA - 2015)
Salman Al-Farizi - PBA - 2015.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (115MB) |
Abstract
Sebagaimana telah diketahui bahwa dalam pembelajaran bahasa Arab memiliki banyak metode dan berbagai macam metode dalam pengajarannya. Pondok Bustanul Ulum Alghozali bertempat di desa Dukuh Dempok Jember Jawa Timur telah menggunakan Metode Langsung dalam pembelajaran Bahasa Arab, sedangkan masalah yang akan di teliti peneliti ialah sebab dipilihnya Metode Langsung dipondok ini, dan penerapan Metode Langsung dalam pembelajaran Bahasa Arab, tujuan diterapkannya Metode Langsung serta Kendala-kendala yang dihadapi Pondok dalam peningkatan bahasa seluruh santri. peneliti bermaksud ingin mengedakan penelitian tentang penerapan Metode langsung dalam pembelajaran pelajaran bahasa arab untuk siswi kelas 2 menengah pertama di Pondok Bustanul Ulum Al-Ghozali, dan penelitian ini memiliki 4 tujuan yaitu untuk mengetahui sebab dipilihnya Metode Langsung oleh pondok dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk siswi kelas 2 menengah, untuk mengetahui cara-cara penerapan Metode Langsung, dan untuk mengetahui tujuan penerapan Metode Langsung serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Pondok Bustanul Ulum dalam peningkatan bahasa santri dan dalam penerapan Metode Langsung. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif, yang mana menggambarkan tentang penerapan metode langsung dalam pembelajaran pelajaran bahasa arab untuk siswi kelas 2 menengah pertama di Pondok Bustanul Ulum Al-Ghozali. Sumber penelitian ini diperoleh dari data-data, kabar-kabar, dokumentasi, buku-buku dan makalah yang berkenaan dengan judul peneliti. Sedangkan metode yang digunakan peneliti adalah Metode Observasi, Metode Wawancara atau Interview dan Metode Dokumentasi tentang Pondok Bustanul Ulum Alghozali. Dan dalam pembahasan ini hasil analisa yang didapat peneliti adalah: Sebab utama dipilihnya Metode langsung ini dalam pembelajaran Bahasa Arab adalah bahwa metode ini efektif bagi seluruh santri dan santriwati sangat menikmati Metode Langsung dikarenakan adanya Media Pembelajaran, dan penerapan Metode Langsung dipondok ini sesuai dengan teori tentang Penerapan Metode Langsung kecuali disini pengajar menambahkan satu langkah yaitu menuliskan soal dari setiap penjelasan guru yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman santriwati terhadap penjelasan Guru, dan tujuan digunakannya Metode Langsung ini adalah untuk melatih santriwati agar selalu berfikir tentang Bahasa Arab serta memiliki banyak kosa kata dan melatih mereka agar selalu sering berbicara Bahasa Arab, Pondok ini mengahadapi kendala-kendala seperti tidak adanya penjagaan dalam kehidupan berasrama, sedikitnya kemampuan Guru-guru dalam pengetahuan Bahasa Arab dan penguasaan Metode Langsung dan Guru tidak memiliki pengelaman yang cukup dalam Bahasa. Dengan kajian sederhana ini, peneliti berharap akan ada pembaca dan peneliti yang mengelaborasikan selanjutnya secara lebih rinci dan mendalam mengenai penerapan Metode Langsung ini. Besar harapan agar penelitian ini bisa bermanfaat dan menjadi sumbangan yang berarti bagi ummat islam.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa |
Depositing User: | 2024 Muhammad Baehaqi |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 05:10 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 05:10 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6322 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |