Search for collections on UNIDA Gontor Repository

فعالية تكثيف مراقبة المشرفين في تعليم اللغة العربية نحو قدرة التلاميذ على التكلم باللغة العربية في نوادي اللغة العربية بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي ٢٠١١/١٤٣٢

Musthofa, Shofwan Havied (2011) فعالية تكثيف مراقبة المشرفين في تعليم اللغة العربية نحو قدرة التلاميذ على التكلم باللغة العربية في نوادي اللغة العربية بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي ٢٠١١/١٤٣٢. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Shofwan Havied Musthofa - PBA - 2011 - 28126890)
Shofwan Havied Musthofa - PBA - 2011 - 28126890.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (103MB)

Abstract

Bahasa sangat berperan penting dalam kehidupan manusia, karena bahasa merupakan alat untuk komunikasi dan media ekspresi diri. Maka sesungguhnya tujuan dari pada pembelajaran bahasa itu sendiri adalah agar siswa dapat berkomunikasi dengan bahasa yang jelas dan benar, baik dalam perantara lisan ataupun tulisan. Dan setiap usaha untuk pembelajaran bahasa Arab harus sesuai dengan tujuan pembelajarannya. Pondok Modern Darussalam Gontor adalah salah satu lembaga pendidikan yang mengajarkan bahasa Arab dan bahasa Inggris. Kedua bahasa tersebut dijadikan sebagai bahasa pengantar dan diajarkan di lembaga pendidikan ini. Adanya klub-klub bahasa atau yang lebih dikenal sebagai kursus bahasa merupakan salah satu bentuk kepedulian pondok tentang pentingnya bahasa dan merupakan wadah bagi para siswa untuk bisa meningkatkan bahasa mereka sebagai bekal mereka di masa mendatang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat peningkatan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab dengan pengintensifan bimbingan pembimbing dalam pengajarannya dan tanpa adanya pengintensifan tersebut serta mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan bahasa Arab siswa dari hasil pembelajaran bahasa Arab dengan dan tanpa pengintensifan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan menjadikan siswa yang berkecimpung dalam kursus bahasa Arab sebagai populasi dari penelitian ini dan membedakan mereka menjadi dua kelompok, yaitu eksperimental group dan control group dengan jumlah sample sebanyak 25% yang ditentukan dengan Purposive Random Sampling. Metode yang di gunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yaitu tentang nilai pre-test dan post-test pada eksperimen dan control group. Sedangkan analisis datanya menggunakan statistik dengan rumus rata-rata dan (Pearson) untuk mengukur validitas dan reliabilitas data.. Data diperoleh melalui tes lisan yang mana diadakan dua kali, yaitu berupa tes awal dan akhir. Peneliti kemudian mengolah hasil tes hingga diperoleh nilai-t test awal -1,400, nilai-t test akhir -0,268, dan nilai-t table 1,68 dengan derajat kebebasan 44 (-1,400<1,68>0,268). Begitupula dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan berbahasa Arab siswa dengan pengintensifan bimbingan pembimbing naik 1,39 atau naik 8%. Sedangkan peningkatan kemampuan berbahasa Arab siswa tanpa adanya pengintensifan tersebut hanya naik 0,73 atau naik 4%. Dari sini tampak bahwa pengintensifan bimbingan pembimbing dalam pengajaran bahasa Arab efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab siswa. Dari penelitian ini disarankan agar para pembimbing kursus bahasa menumbuhkan rasa tanggungjawab dalam melestarikan bahasa resmi di pondok dengan mengintensifkan pembibimbingan anak didikknya dalam belajar bahasa, serta meningkatkan kemampuan berbahasanya dan kemampuan mengajarnya dalam rangka peningkatan kualitas belajar mengajar sehingga akan diperoleh hasil yang memuaskan dalam pembelajaran bahasa di Pondok Modern Darussalam Gontor.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 2024 Muhammad Baehaqi
Date Deposited: 05 Mar 2025 04:01
Last Modified: 05 Mar 2025 04:01
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6362

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item