Nur Wijaya, Taufik Amin (2013) طريقة تعليم اللغة العربية عند الأستاذ د. محمود يونس (دراسة وصفية). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Taufik Amin Nur Wijaya - PBA - 2013)
Taufik Amin Nur Wijaya - PBA - 2013.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (88MB) |
Abstract
Manusia berbicara, berinteraksi, berhubungan, dan memahamkan apa yang tersirat dalam pikirannya dengan bahasa yang telah dikarunia oleh Allah SWT kepada mereka. Dan tidak diragukan lagi, bahwa bahasa memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan peradapan umat manusia, dan bahasa arab adalah salah satu bahasa tertua yang masih hidup hingga saat ini. Bahasa Arab masuk ke bumi Nusantara bersamaan dengan masuknya agama Islam di Ibu Pertiwi ini, dan saat itulah bermunculan Sekolahan sekolahan Islam dan Pondok Pesantren yang mengajarkan Agama Islam dan Bahasa Arab, dari situlah banyak ulama' yang bermunculan dan salah satunya Ustad Dr. Mahmud Yunus. pemikiran Ustad Dr. Mahmud Yunus banyak tersumbangsihkan kedalam dunia pengajaran bahasa arab di Indonesia, terlihat dengan beberapa karyanya "At- Tarbiyah wa Ta'lim, Methodik Khusus Bahasa Arab, Kamus Arab- Indonesia" dan lain sebagainya masih banyak lagi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk lebih mengetahui methode Dr. Mahmud Yunus didalam pengajaran bahasa Arab, dan juga untuk lebih mengetahui penggabungan teori kesatuan dan teori bagian menurut Dr. Mahmud Yunus. Dalam mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode Dokumenter untuk mengetahui segi metode pengajaran Mahmud Yunus melalui beberapa buku-buku Ustad Dr. Mahmud Yunus dan berbagai macam sumber yang berkaitan, dan juga menggunakan methode bibliografi dan methode analisis untuk lebih mengetahui Ustad Dr. Mahmud Yunus secara historis melalui berbagai sumber kemudian menganalisis sumber-sumber tersebut. Dari penelitian ini dapat diketahui, bahwa 1) metode yang digunakan Dr. Mahmud Yunus dalam mengajar bahasa arab adalah metode modern (langsung) dan elektif (dilain sisi mengunakan metode langsung dan metode percakapan secara bersamaan dan mengabungkan banyak method di dalamnya). 2) Dr. Mahmud Yunus menyatukan antara teori kesatuan dan teori cabang dalam pengajaran bahasa arab. Dari penelitian ini, penulis berharap kepada pengajar bahasa arab untuk menggunakan method ini didalam pengajaran bahasa arab di negri ini. Karena pelaksanaan pembelajaran yang efektif akan mempermudah pemahaman murid, dan untuk mencapai itu semua, maka pengajar diharapkan menggunakan ketrampilannya dan kesenianya didalam mengajarkan bahasa arab.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 2024 Muhammad Baehaqi |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 04:02 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 04:02 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6365 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |