Search for collections on UNIDA Gontor Repository

محاولات مسؤولي قسم إحياء اللغة في ترقية مهارة كلام الطلبة المرشحين بمعهد دار السلام كونتور الثاني للتربية الإسلامية الحديثة عام ١٤٣٣ - ١٤٣٤ هـ

Ubaidillah, Ubaidillah (2013) محاولات مسؤولي قسم إحياء اللغة في ترقية مهارة كلام الطلبة المرشحين بمعهد دار السلام كونتور الثاني للتربية الإسلامية الحديثة عام ١٤٣٣ - ١٤٣٤ هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Ubaidillah - PBA - 2013 - 28126894)
Ubaidillah - PBA - 2013 - 28126894.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (99MB)

Abstract

Pondok Modern Darussalam Gontor 2 adalah salah satu cabang dari Pondok modern Darussalam Gontor yang menjadi tempat pembelajaran calon pelajar sebelum mengikuti ujian masuk KMI. Dan bahasa arab merupakan dasar di Pondok Modern Darussalam Gontor dalam pengajaran materi-materi keagamaan. Kebanyakan dari santri ketika masuk di Pondok Modern Darussalam Gontor 2 lemah dari segi bahasa Arab. Maka dari itu pondok berusaha untuk meningkatkan bahasa mereka dengan mengintensifkan kegiatan-kegiatan bahasa dan membangun akhlak mulia mereka sesuai dengan standar gontor. Sudah menjadi kewajiban bagi para guru khususnya bagian penggerak bahasa di Pondok Modern Darussalam Gontor 2 untuk meningkatkan bahasa santri khususnya bagi santri baru atau para calon pelajar. Bagian penggerak bahasa mengadakan berbagai kegiatan bahasa secara intensif di Pondok Modern Darussalam Gontor 2. Berbagai macam kegiatan pengajaran bahasa bagi santri calon pelajar di Pondok Modern Darussalam Gontor 2 bekerjasama dengan para guru pembimbing mereka bertujuan untuk meningkatkan bahasa arab para santri hususnya kemampuan dalam berbicara bahasa arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengungkap usaha-usaha bagian penggerak bahasa dalam meningkatkan kemampuan berbicara santri calon pelajar dalam berbahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor 2 tahun ajaran 1433-1434 Penelitian ini menggunakan Penelitian Deskriptif Kualitatif, untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan 3 metode, yaitu: Metode Observasi, Metode Interview, dan Metode Written record. Analisis data yang dipakai mengacu pada Miles dan Hubbermann yaitu: Reduksi data, Display data, Analisis data, Dan Kesimpulan dan Verifikasi Maka hasil penelitian ini adalah bahwa, Usaha-usaha bagian penggerak bahasa dalam meningkatkan kemampuan berbicara santri calon pelajar dalam berbahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor 2 madusari-siman-ponorogo yaitu: (a) Membagi kosakata dan menyampaikannya setiap hari kecuali hari selasa dan jum'at. (b) Mengulangi kosa kata harian serta pemberian kosa kata baru pada hari selasa dan jum'at pagi dan muhadastah (percakapan) mingguan. (c) Mengadakan acara tasji'ul lughah (penyuluhan bahasa). Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan kepada: 1). Bapak pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor 2 untuk meningkatkan disiplin berbahasa Arab santri calon pelajar Gontor 2. 2). Para guru di Pondok Modern Darussalam Gontor 2 untuk memberikan perhatiannya kepada peningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab santri calon pelajar Pondok Modern Darussalam Gontor 2. 3). Seluruh staff bagian penggerak bahasa untuk memperbanyak kegiatan-kegiatan bahasa untuk meningkatkan kemampuan berbicara santri calon pelajar Pondok Modern Darussalam Gontor 2.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 2024 Muhammad Baehaqi
Date Deposited: 05 Mar 2025 04:02
Last Modified: 05 Mar 2025 04:02
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6367

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item