Evendi, Umar (2015) تنفيذ منهج أمثلتي في تعليم القواعد النحوية للطلاب المبتدئين بمعهد دار الفلاحجيبارا جاوى الوسطى العام الدراسي : ٢٠١٥/٢٠١٤. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Umar Evendi - PBA - 2015)
Umar Evendi - PBA - 2015.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (91MB) |
Abstract
Ilmu nahwu merupakan kajian terpenting dalam bahasa arab. Karena ilmu nahwu adalah ilmu kaidah bahasa arab untuk mengetahui keadaan dan bentuk kata. Selain dari pada itu, ilmu nahwu juga mempunyai peran sangat penting dalam dunia islam, yaitu membantu memecahkan permasalahan-permasalahan yang mengenai syariat-syariat islam dari segi kebahasaan. Amtsilati adalah suatu metode cepat untuk pemula yang ingin menguasai ilmu nahwu beserta dasr-dasarnya. Pondok pesantren Darul-Falah adalah salah satu pondok pesantren yang mengajarakan nahwu dengan metode amtsilati. Darul-falah merupakan pusat pembelajaran amtsilati di Indonesia. Santri-santri pondok pesantren Darul-Falah membutuhkan waktu 3-6 bulan untuk menguasai ilmu nahwu dengan menggunakan metode amtsilati. Maka dari itu, metode ini mempunyai peran besar dalam pembelajaran ilmu nahwu. Tujuan penelitian skripsi ini adalah: 1) untuk mengetahui pengertian metode amtsilati. 2) Penerapan metode amtsilati dalam pembelajaran qawaid nahwu santri pemula pondok pesantren Darul-Falah Jepara Jawa Tengah tahun ajaran 2014/2015. 3) Hambatan-hambatan penerapan metode amtsilati dalam pemebelajaran qawaid nahwu santri pemula pondok pesantren Darul-Falah Jepara Jawa Tengah tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan metode deskriptif. Untuk mendapatkan data-data yang signifikan, peneliti menggunakan Metode Observasi, Metode Wawancara, dan Dokumentasi, sehingga mendapat data yang jelas tentang penerapan metode amtsilati dalam pembelajaran qawaid nahwu santri pemula pondok pesantren darul falah jepara jawa tengah tahun ajaran 2014/2015. Untuk analisis data, peneliti menggunakan teori Miles dan Huberman yang mencakup tiga langkah, yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa metode amtsilati adalah metode baru yang muncul pada tahun 2002 oleh Taufiqul Hakim. Metode ini adalah metode cepat untuk mempelajari nahwu dan sharf untuk pemula. metode ini berupa kitab yang disebut kitab amtsilati. Dalam penerapannya, metode ini masih menggunakan metode klasik yaitu metode deduktif. Dalam metodologi pembelajaran Bahasa arab, peneliti melihat bahwa metode yang dipakai oleh Taufiqul Hakim lebih dekat dengan metode Gramatika dan Tarjamah, akan tetapi metode amtsilati tidak sama persis dengan metode Gramatika dan Tarjamah, karena sebagian ciri-cirinya berbeda. Dan hambatan-hambatan dalam dalam pembelajaran amtsilati di pondok pesantren Daruk-Falah mencakup dua faktor, yaitu 1) Faktor Internal: a) kemampuan murid bermacam-macam, kemampuan santri mermacam-macam, sebagian ada yang pintar, sebagian tidak. b) kemampuan guru dalam memngajar. 2) Faktor Eksternal: a) Materi, materi amtsilati disusun secara sistematis, dalam pembelajarannya materi tersebut harus dihafal semua khususnya dalam menghafal dasar-dasar kaidah bahasa arab yaitu nadzm alfiyah ibnu malik, inilah yang menjadikan santri terbebani dalam proses belajar. Dan hal ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi belajar santri terhambat. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diharapkan kepada guru-guru amtsilati pondok pesantren Darul-Falah agar menjadian penerapan motode amtsilati menyenangkan supaya santri tidak bosan dalam belajar. Dan seluruh pihak yang berkaitan dengan pondok pesantren Darul-Falah agar lebih memperhatikan kemampuan santri-santrinya dalam menerapkan metode amtsilati, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Dan untuk penulis selanjutnya, agar membahas lebih dalam lagi dari penulis sekarang
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 2024 Muhammad Baehaqi |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 04:03 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 04:03 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6368 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |