Suyanto, Suyanto (2000) تكييف الطلاب الجدد في مسكنهم بمعهد التربية الإسلامية الحديثة كونتور، عام : ۲۰۰۰ (دراسة وصفية). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Suyanto - Pendidikan - 2000)
Suyanto - Pendidikan - 2000.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (82MB) |
Abstract
Pondok Modern Gontor adalah salah satu lembaga pendidikan Islam di Indonesia yang terletak di desa Gontor, kec. Mlarak, kab. Ponorogo, Jawa Timur, yang terkenal dengan nama Pondok Modern Darussalam Gontor. Santrinya berdatangan dari seluruh wilayah Indonesia dan dari beberapa negara tetangga, yang semuanya tinggal di dalam asrama/rayon, dengan disiplin yang ketat, karena bagi Pondok Modern Gontor, disiplin merupakan modal utama untuk mendidik 'santri-santrinya, karena pendidikan tanpa disiplin adalah kurang berarti. Sehinga Pondok Modern Gontor dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat tentang disiplinnya. Dengan disiplin yang ketat yang ada di asrama atau pun di pondok, tentunya diharapkan siswa baru untuk cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan asrama atau pun pondok. Karena bagi mereka adalah merupakan suatu hal yang baru, yang harus dicermati dan ditaati, dibandingkan dengan suasana atau keadaan di luar pondok atau di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sejauh mana siswa baru di Pondok Modern Gontor menyesüaikan diri dengan disiplin yang ada serta lingkungan di asrama siswa baru. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode angket untuk mendapatkan data serta mengungkap adaptasi siswa baru terhadap lingkungan dan disiplin yang ada di asrama siswa baru di Pondok Modem Gontor. Subyek penelitian ini adalah siswa baru di Pondok Modern Gontor tahun 2000, yang berjumlah 1411 siswa. Adapun besar sampel yang penulis tentukan sebanyak 20% dari jumlah siswa seluruhnya, yaitu 273 siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan tehnik Random Sampling. Dari hasil analisa tersebut, dapat disimpulkan bahwa: 1) siswa baru Pondok Modern Gontor, tahun 2000, cukup adaptif terhadap disiplin yang ada di asrama, ini telah menunjukkan bahwa siswa baru mampu melaksanakan disiplin-disiplin yang ada di rayon, dan adanya kesadaran mereka untuk berdisiplin di rayonnya, 2) siswa baru kesulitan dalam beradaptasi terhadap berbicara dengan bahasa resmi, hal tersebut disebabkan karena disiplin yang ketat, dan menyebabkan sebagian dari mereka tidak kerasan atau tidak tenang di pondok. 3) siswa baru Pondok Modern Gontor, tahun 2000, juga cukup adaptif terhadap sistem hukuman yang diberikan oleh pengurus kepada pelanggar disiplin di asrama. Hal tersebut terlihat bahwa para siswa yang bersalah dan mendapat hukuman dari pengurus merasa ikhlas karena pendidikan. Berdasarkan atas hasil penelitian tersebut penulis menyarankan agar: 1) agar seluruh pengurus asrama anak baru, staff keamanan pusat, staff penggerak bahasa pusat di Pondok Modern Gontor, meningkatkan perhatiannya terhadap disiplin anak baru, dan penanaman dalam jiwa anggota rayon tentang adaptasi dan pembiasaan pelaksanaan disiplin sebaik-baiknya, 2) agar staff pengasuhan santri lebih banyak lagi perhatian dan usaha dalam perbaiakan penyelengaraan disiplin di pondok ini, yang sangat penting adalah untuk meningkatkan kesadaran berdisiplin anak, khususnya anak baru di rayonnya. 3) bagi peneliti lainnya hendaklah dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan penelitian yang lebih mendalam.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.300 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2024 Muhammad Baehaqi |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 04:03 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 04:03 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6373 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |