Ansori, Mohammad (2012) كفاءة طلاب الفصل السادس في إعراب الجمل في درس المطالعة بكلية المعلمين الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي: ١٤٣٢ - ١٤٣٣ هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Mohammad Ansori - PBA - 2012)
Mohammad Ansori - PBA - 2012 - 2912792.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (139MB) |
Abstract
Pelajaran Muthola'ah adalah suatu pelajaran membaca kalimat berbahasa Arab dan merupakan salah satu pelajaran yang wajib dipelajari oleh seluruh santri KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo dimana di dalam pelajaran, tersebut terdapat banyak sekali uslub-uslub bahasa Arab yang sederhana dan indah. Para santripun diwajibkan untuk menghafal dan mempraktekkannya dalam bahasa mereka sehari-hari. Namun peneliti menemukan kebanyakan dari santri khususnya santri kelas VI menggunakan cara menghafal yang kurang benar yaitu dengan mematikan tidak membunyikan harakat terakhir di setiap kalimat sehingga pada akhirnya timbul pemahaman pelajaran yang kurang sempurna. Oleh karena itu peneliti merasa tertarik untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mereka dalam mengi'rob kalimat pada pelajaran Muthola'ah. Adapun tujuan penelitian ini adalah(1) untuk mengetahui kemampuan santri kelas VI dalam mengi'rob jumlah ismiyyah pada pelajaran Muthola'ah di KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Tahun Ajaran 1432-1433 H.(2) untuk mengetahui kemampuan santri kelas VI dalam mengi'rob jumlah fi'liyyah pada pelajaran Muthola'ah di KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Tahun Ajaran 1432-1433 H. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Adapun populasi adalah santri kelas VI KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo yang berjumlah 846 santri dengan sampel 10% (Nomogram Herry King) yang berjumlah 85 santri untuk tes kemampuan mengi'rob kalimat pada pelajaran muthola'ah dengan cara ujian tulis. Dalam menganalisis data, peneliti mengacu pada rumus mean untuk mengetahui rata-rata kemampuan mereka dan rumus presentase untuk mengetahui presentase kemampuan i'rob mereka. Dari hasil analisis data, peneliti menemukan bahwa kemampuan santri kelas 6 dalam mengi'rob kalimat pada pelajaran muthola'ah di KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Tahun Ajaran 1432-1433 H dengan rincian: 1) kemampuan mengi'rob jumlah ismiyyah dengan rincian: sempurna 4,8%, baik sekali 20%, baik 31,76%, cukup 25,88%, lemah 12,94 %, lemah sekali 3,5%, dengan rata-rata umum (6.8) 2) kemampuan mengi'rob jumlah fi'liyyah dengan rincian sempurna 0%, baik sekali 1.17 %, baik 17,64%, cukup 25,88%, lemah 31,76%, lemah sekali 23,52%, dengan rata-rata umum (5,41). Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan (1) Para wali kelas agar selalu memperhatikan kemampuan anak didiknya dalam i'rob ketika menghafal pelajaran muthola'ah, (2). Para pengajar Nahwu agar mengambil contoh i'rob kalimat dari pelajaran muthola'ah, (3). Para santri umumnya dan untuk santri kelas VI pada khususnya agar membiasakan dirinya untuk membunyikan harakat akhir kalimat dalam menghafal pelajaran muthola'ah.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 2024 Hibatullah Ramadhana |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 04:03 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 04:03 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6379 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |