Search for collections on UNIDA Gontor Repository

إنجاز تعلم طلبة الصف الثالث الناجحين من الصف الثاني و طلبة الصف الثالث الناجحين من الصف الأول الخاص من معهد الخريجين بكلية المعلمين الإسلامية

Suwito, Suwito (1992) إنجاز تعلم طلبة الصف الثالث الناجحين من الصف الثاني و طلبة الصف الثالث الناجحين من الصف الأول الخاص من معهد الخريجين بكلية المعلمين الإسلامية. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Suwito - Pendidikan - 1992)
Suwito - Pendidikan - 1992.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (75MB)

Abstract

Studi Perbandingan antara Prestasi Belajar Siswa Kelas III dari Kelas II dengan Siswa Kelas III dari Kelas I Khusus Pondok Alumni (KPA) di Kulli-yatu-l-Mu'allimin Al-Islamiyah Pondok Modern Gontor Ponorogo Tahun Ajar-an 14111412 Suwito Kulliyatu-l-Mu'allimin Al-Islamiyah sebagai Lembaga Pendidikan Islam setingkat Madrasah Tsanawiyah dan 'Aliyah bertujuan mencetak guru-guru Islam. Sesuai dengan tujuan itu diajarkan di dalamnya Ilmu Pe ngetahuan Agama, Ilmu Pengetahuan Umum, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. Penelitian sederhana ini bertujuan mengungkap perbedaan antara prestasi belajar siswa Kelas III dari Kelas II dengan siswa Kelas III dari Kelas I KPA. KPA merupakan jalur pendidikan di samping jalur yang telah ada yaitu jalur Kelas Biasa dan Jalur Kelas Experimen. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode dokumenter, guna memperoleh data prestasi belajar siswa, metode observasi, dan wawancara, guna memperoleh data lain yang memperkuat penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas III, Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling untuk siswa Kelas III dari Ke-las I KPA dan metode random sampling bersyarat untuk siswa Kelas III da-ri Kelas II. Sampel untuk masing-masing kelompok yaitu 32, jadi jumlah dua kelompok 64 siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Ada perbedaan yang significant antara prestasi belajar siswa Kelas III dari Kelas II dengan siswa Kelas III dari Kelas I KPA secara umum, dan secara khusus ada perbedaan yang significant antara prestasi belajar siswa Kelas III dari Kelas I KPA dalam Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Agama dan Ilmu Pengetahuan Umm, dan tidak ada perbedaan yang significant (non-signifi-cant) dalam Bidang Studi Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Dari hasil yang diperoleh perlu disarankan kepada Direktur KMI agar siswa yang diterima di Kelas I KPA nilainya tidak terlalu rendah, membuat kriteria khusus untuk kenaikan kelas mengingat kelas KPA tidak ada kelas lain yang sepadan dengannya, dimungkinkan untuk meniadakan ja-lur Kelas KPA bila dinyatakan bahwa prestasi mereka tidak mencapai tar get yang diharapkan. Juga kepada guru-guru pengajar diharapkan mengintensifikan dalam mengajarnya dan menyarankan kepada siswa lebih ΚΡΑ khususnya untuk lebih giat dan membaca Ilmu Pengetahuan Umum yang tidak diajarkan di Kelas I agar hasil yang diperoleh di Kelas III nya sebanding dengan siswa Kelas III dari Kelas II. Penelitian ini terbatas pada pengungkapan prestasi belajar dengan tidak membahas beberapa masalah pengaruh belajar maupun faktor-faktor lain yang mempengaruhinya, maka penulis berharap adanya peneliti lanjut yang membahas tentang hal tersebut guna mencapai tujuan Institusional sekolah ini.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.300 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Depositing User: 2024 Muhammad Baehaqi
Date Deposited: 06 Mar 2025 04:13
Last Modified: 06 Mar 2025 04:13
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6516

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item