Noor, Muhammad (2019) تنفيذ اسرتاجتية سوسيودراما)sosiodrama )يف درس احملادثة لرتقية مهارة ّة الكالم لطّلب الفصل اإلعدادي جبامعة دار السالم كونتور السنة الدراسي 2018-2019 م. D4 Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.
FILE TEXT
m nur fix.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam pengajaran bahasa Arab terdapat empat keterampilan berbahasa, di antaranya: Keterampilan mcnyimak (istima'), keterampilan berbicara (kalam), keterampilan mcmbaca (qiraah), dan kctcrampilan mcnulis (kitabah). Dari cmpat keterampilan ini, kita kctahui bahwa maharah kalam adalah kctcrampilan kedua sctclah maharah istima'. Kemampuan berbicara mcrupakan hal pcnting dalam pcngajaran bahasa arab, begitu juga dalam pengajaran bahasa lainnya. Hal ini dikarenakan pcnguasaan tcrhadap keterampilan berbicara (maharah kalam) dapat menunjukan kcpada kita tingkat kcmampuan dan pcnguasaan scscorang tcrhadap bahasa yang di pclajarinya.Pcnguasaan scscorang tcrhadap bahasa yang di pclajarinya, dapat di ukur mclalui kcmampuan dalam bcrbicara (kalam) dcngan jclas dan bcnar, dan mampu mcngungkapkan apa yang tcrlintas di pikirannya dcngan ucapan mcrcka, dan dcngan mcnggunakan kata dan kalimat yang balk, scsuai dcngan kaidah bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mcningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa pada pclajaran muhadasah dengan stratcgi sosiodrama di kolas martikulasi Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Jenis Penelitian ini mcrupakan pcnclitian tindakan kolas (PTK). Penelitian ini mcmiliki 2 siklus, dan dalam pclaksanaan siklusnya terdapat 4 komponcn, diantaranya; perencanaan, pclaksanaan, pcngamatan, dan reflelcsi. Tcknis analisis data yang dipakai yaitu analisis mixed method, yaitu pcndckatan yang dilakukan dcngan mcmberikan sajian data sccara kualitatif dan kuantitatif. Dan 'criteria kcberhasilan pada pcnclitian ini adalah 70%. Dan dari basil pcnclitian dapat disimpulkan bahwa stratcgi sosiodrama dapat meningkatIcan ketcrampilan berbicara mahasiswa pada pclajaran muhadatsah di kolas martikulasi Universitas Darussalam Gontor. Analisis data pada prasiklus mcnunjukan bahwa 3 mahasiswa mcncapai hasil bclajar yang diharapkan dcngan perscntase kctuntasan sebanyak 25%, lalu mcningkat pada siklus pertama sebanyak 6 mahasiswa mcncapai basil bclajar yang diharapkan dcngan prcscntasc kctuntasan 50% dan meningkat lagi pada siklus kedua scbanyak 9 mahasiswa dcngan prcsentase kctuntasan 75%. Berdasarkan basil penclitian yang tclah dilakukan pcncliti, maka pcncliti mcnyarankan kcpada pcngajar bahasa arab terkhusus dalam pclajaran Muhadasah agar mcmperluas pcngctahuan mcrcka tcntang hal-hal yang bcrkaitan dcngan pclajaran Muhadasah dan dapat mcmilih mctodc atau stratcgi yang scsuai dalam pcngajarannya.
Item Type: | Thesis ( D4 Diploma ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 22:53 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:57 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/652 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |