Thesis
Published
Penyusunan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Ta’bir Tahriri Berdasarkan Analisis Kesalahan Berbahasa Siswa Kelas II Kulliyatul Mu’allimin al- Islamiyyah (KMI) di Pondok Pesantren Al-Iman Putra Ponorogo Jawa Timur Indonesia.
Abstract
Kata Kunci: Penyusunan LKS, Ta’bir Tahriri, Analisis Kesalahan Bahasa.
Pondok Pesantren Al-Iman Putra salah satu lembaga pendidikan Islam Indonesia
yang memiliki perhatian besar terhadap pembelajaran Bahasa Arab di lingkungan
sekolahnya, Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyyah (KMI). Sehingga dalam upaya
peningkatan bahasa Siswa, Pondok tersebut mengajarkan Ta’bir Tahriri pada pelajaran
Insya’. Namun demikian, Pondok masih menghadapi permasalahan yang cukup besar
dalam hal pengajarannya. Kesulitan itu tampak dari rendahnya nilai ujian materi Insya’
kelas II KMI pada 3 tahun terakhir, dimana pada tahun 2016 rata-rata nilai 6,3, tahun 2017
sebesar 6,8 dan tahun 2018 sebesar 4,9. Disamping itu juga terlihat dari tingginya frekuensi
kesalahan siswa dalam membuat struktur kalimat bahasa Arab. Oleh karena itu, maka
penulis mengadakan penelitian yang bertujuan untuk menemukan solusi masalah
tersebut dengan menyusun LKS materi Ta’bir Tahriri yang didasarkan pada teori analisis
kesalahan bahasa dalam komposisi siswa.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah karakteristik
penyusunan LKS materi ta’bir tahriri berdasarkan analisis kesalahan siswa kelas II KMI
Pondok Pesantren Al-Iman Putra?”, dan “Seberapa efektif LKS yang disusun terhadap
kemampuan ta’bir tahriri siswa kelas II KMI Pondok Pesantren Al-Iman Putra?”
Berdasarkan rumusan masalah di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini bertujuan
untuk menjelaskan: karakteristik penyusunan LKS materi ta’bir tahriri berdasarkan analisis
kesalahan siswa kelas II KMI Pondok Pesantren Al-Iman Putra. Selain itu, penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui efektifitas LKS yang disusun terhadap kemampuan ta’bir
tahriri siswa kelas II KMI Pondok Pesantren Al-Iman Putra setelah diujicobakan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang
mana hipotesis dalam penelitian ini adalah pengajaran ta’bir tahriri dengan menggunakan
LKS yang disusun mampu meningkatkan kemampuan ta’bir tahriri siswa kelas II KMI
Pondok Pesantren Al-Iman Putra. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan
metode Dokumen, Tes, Angket, Interview, dan Observasi, sehingga dengan demikian
instrumen penelitian ini adalah soal tes, angket, pedoman interview, dan pedoman
observasi. Dan untuk menganalisa data yang dikumpulkan, peneliti menggunakan
rumus t-test.
Penemuan penting dari penelitian ini adalah LKS berdasarkan analisis kesalahan
dimana penggunanya berlaku untuk siswa. Dalam penyusunan LKS tersebut, juga pada
pemetaan materi-materi didalamnya, peneliti merujuk pada hasil analisis kesalahan
berbahasa siswa. Berikut dalam penyajian LKS, peneliti menggunakan warna-warna pada
penjelasan susunan kalimat dan gambar-gambar guna membantu siswa memahami isi
teks. Setelah diujicoba, LKS yang disusun ini dapat efektif meningkatkan kemampuan
siswa kelas II KMI dalam ta’bir tahriri. Hal ini terbukti berdasarkan kenaikan nilai yang
cukup signifikan dari perbandingan selisih nilai pretest dan posttest setelah materi ajar
ini diterapkan yaitu menghasilkan skor uji t sebesar 7,740 dan lebih besar dari harga table
t sebesar 2,704. Di samping itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa LKS ini sangat
disukai oleh siswa karena dapat mempermudah mereka dalam menyusun tarkib bahasa
Arab.
Dari penelitian ini, peneliti mengajukan beberapa rekomendasi dan usulan,
diantaranya sebagai berikut: 1. Agar adanya penelitian setelah ini yang menyempurnakan
kekurangan pada hasil penelitian ini. 2. Agar pengajar juga menggunakan bahan
ajar dan buku panduan lainnya disamping LKS yang telah disediakan peneliti, agar
menyempurnakan penyampaian pengetahuan kepada siswa. 3. Agar peneliti selanjutnya
merujuk kepada penelitian lain yang juga mendasarkan pada analisis kesalahan bahasa,
dalam penyusunan bahan ajar karena kebutuhan pelajar di setiap lembaga pendidikan
memiliki kebutuhan yang berbeda.
Publication Details
InstitutionUniversity of Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Tarbiyah
Item ID654
Deposited04 Nov 2020 22:55