Maulidani, Muhammad Alif (2025) Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Rekaman Suara di buku Tuhfah Azhariya Level 1 untuk meningkatkan kemampuan mendengar Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor Tahun Ajaran 2024/2025. S2 Masters thesis, Universitas Darussalam Gontor.
Abstract
Pengembangan kemampuan mendengarkan siswa merupakan hal penting dan harus dilakukan dalam proses pembelajaran. Banyak lembaga pendidikan di Indonesia, termasuk Universitas Darussalam, telah membuat Upaya untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan melalui pembelajaran di kelas dan pembelajaran lainnya, tetapi tidak ada alat bantu pembelajaran yang cocok, terutama untuk buku tuhfah azhariya, yang merupakan buku pedoman dalam mengajarkan empat keterampilan bahasa. Oleh karena itu, salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa adalah dengan mengembangkan media pembelajaran khusus yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan membantu dalam proses pembelajaran, dan metode pengajaran ini didasarkan pada rekaman audio. Berdasarkan latar belakang penelitian diatas, penelitian ini bertujuan untuk hal-hal sebagai berikut: 1) Mengetahui spesifikasi media pembelajaran berdasarkan rekaman audio buku "Tuhfah Azhariya Tingkat Satu" dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan mahasiswa Universitas Darussalam Gontor, 2) Mengetahui validitas media pembelajaran berdasarkan rekaman audio buku "Tuhfah Azhariya Tingkat Satu" dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan mahasiswa Universitas Darussalam Gontor, 3) Mengetahui efektivitas media pembelajaran berdasarkan rekaman audio buku "Tuhfah Azhariya Tingkat Satu" dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan mahasiswa Universitas Darussalam Gontor. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode Research & Development Borg & Gall. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, kuesioner, tes dan dokumentasi tertulis. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan uji distribusi normal dan homogenitas sebagai uji prasyarat, dan kemudian peneliti menggunakan rumus uji-T dengan jenis uji independen sampel dengan bantuan program Solusi Produk dan Layanan Statistik pada versi 30, karena datanya normal tetapi tidak heterogen. Peneliti memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Media pembelajaran yang dikembangkan didasarkan pada rekaman audio yang dapat digunakan bagi guru dan siswa untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa, sarana tersebut meliputi judul percakapan dalam buku tuhfah azhariya, dan setiap judul memiliki pertanyaan untuk latihan yang juga berbasis rekaman audio. 2) media pembelajaran yang dikembangkan valid untuk digunakan, mengingat hasil evaluasi ahli yang memperoleh rata-rata 94,3%, hasil evaluasi guru memperoleh rata-rata 96,36%, dan hasil evaluasi siswa memperoleh rata-rata 94%, 3) dan media pembelajaran yang dikembangkan efektif, mengingat bahwa uji efektivitas (0,001) lebih kecil dari ukuran efektivitas tabel - T 5% = (0,05). Ini berarti bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis opsional dapat diterima. Artinya, media pembelajaran yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan mahasiswa Universitas Darussalam Gontor efektif. Peneliti berharap agar para guru tertarik untuk mengajarkan keterampilan mendengarkan mahasiswa Universitas Darussalam Gontor, terutama di tingkat pertama, dan pada semua keterampilan bahasa siswa secara umum. Peneliti menyarankan kepada peneliti lain supaya mereka membuat penelitian lain tentang pengembangan media pembelajaran karena kebutuhan siswa di setiap tingkat pendidikan berbeda. Dan juga supaya mereka meneliti pengembangan media pembelajaran dalam pelajaran bahasa Arab untuk keterampilan Bahasa yang lain, yaitu pada aspek membaca, berbicara atau menulis.
Item Type: | Thesis ( S2 Masters ) |
---|---|
Additional Information: | Thesis: Muhammad Alif Maulidani NIM: 442023811037 |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Keterampilan Mendengar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Pascasarjana Magister UNIDA Gontor > Magister Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 2024 Alif Maulidani |
Date Deposited: | 09 Mar 2025 03:42 |
Last Modified: | 09 Mar 2025 03:42 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6754 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |