Thesis
Published
قضية التكفير عند الغزالي
Abstract
ABSTRAK
AL-GHAZALI MENURUT TAKFIR KONSEP
Pertiwi Ramdhini Suci Catherien
sama satu kafirkan meng saling Muslim kaum adalah ini Modern zaman di terjadi yang Kontroversi
beraneka yang Pemahaman kelompok. banyak sekian oleh diputarbalikkan kepercayaan dan Aqidah lain.
taqlid dikarenakan semua Hu sebenarnya, yang Aqidah konsep dari menyimpang menjadi terkadang ragam
belum yang kelompok macam berbagai dari konsep banyak mengambil dengan buta) (fanatik al-a'ma
dan kelompoknya dengan fanatik sangat tersebut kelompok-kelompok mana Di kebenarannya. diketahui
tidak karena Asy'ariyah kafirkan meng Hanabilah Seperti lainnya. kelompok kafirkan meng mudah
kafirkan meng Al-Asy'ari 'Arsy'. atas di bersemayam "Allah bahwa Hanabilah pendapat membenarkan
yang makhluk dengan Allah (musyabbih) menyamakan telah Hanabilah dikarenakan Hanabilah
Mu'tazilah dikarenakan Mu'tazilah kafirkan meng Asy'ariyah Pengikut 'Arsy'). (seperti ruang membutuhkan
melekat yang sifat adanya menafikan Mu'tazilah bahwa dan mustahil itu Allah melihat bahwa berpandangan
adanya menyatakan Asy'ariyah karena Asy'ariyah kafirkan meng Mu'tazilah Sebaliknya, dzat-Nya. pada
al-Ghazali akhimya ini permasalahan Dalam (gadim). permulaan tanpa atau terdahulu yang Allah sifat-sifat
melihat Al-Ghazali al-Tafriqah. Fayshal bukunya dalam pemikirannya pokok-pokok menuangkan mencoba
yang masalah 17 ada mana di ke-Tuhan-an masalah 20 dalam filsuf para oleh kerancuan beberapa adanya
lainnya yang masalah 3 dalam sedangkan zindiq, atau bid'ah ahli sebagai dinyatakan mereka menurutnya
tercantum yang kritik dan argumen bentuk dalam menuangkannya ia lalu kafir, sebagai dinyatakan mereka
al-Falasifah. Tahafut bukunya dalam
"Takfir" konsep mengungkapkan berusaha ini pembahasan atas, di pemikiran pokok Berdasarkan
al-Islam" "Hujjatu seorang menurut sebenarnya yang "Takfir" konsep Bagaimana Al-Ghazali. menurut
dalam pemikirannya mengetahui berusaha Kemudian H). (489-499 al-Syukuk" "Fi masanya dalam
sorot. ia yang ke-Tuhan-an masalah 3 mengenai filsuf para pentakfiran
dan kepercayaan mengetahui untuk Theologis, pendekatan menggunakan Penulis ini, kajian Dalam
adalah digunakan yang metode Adapun pentakfiran. hal dalam shahih yang maupun bathil yang pendapat
untuk analisis metode dan al-Ghazali biografi mengungkapkan untuk digunakan deskriptif metode
kafirkan meng membuatnya yang faktor-faktor serta pentakfiran hal dalam al-Ghazali pemikiran menganalisa
al-Farabi. dan Sina Ibnu yaitu muslim filsuf para
bermunculan mulai yang problematika merupakan "Takfir" bahwa ditemukan ini kajian hasil Dari
menentukan dalam Muslim umat antara kontroversi banyaknya mana Di SAW. Rasulullah wafatnya setelah
Al-Ghazali ini hal Dalam dikafirkan. wajib sepenuhnya tidak yang siapa dan dikafirkan wajib yang siapa
pengaruh dan kontroversi adanya membuat telah Islam kelompok-kelompok para pandangan bahwa melihat
sesama mengkafirkan untuk seseorang kepercayaan aqidah dalam Muslim umat bagi besar sangat yang
perbedaan oleh disebabkan umumnya kafir-mengkafirkan sikap bahwa menyatakan Ia lainnya. Muslim
memberikan Al-Ghazali sebabnya Itulah lain. kelompok dengan pandang cara perbedaan atau madzhab
"Kekafiran", tentang al-Tafrigah" Fayshalu bukunya dalam Di pengkafiran. proses terhadap batasan-batasan
jaa'a maa min syai'in fi al-Rasuul "takdziibu adalah kekafiran batas bahwa menjelaskan Al-Ghazali
manapun, aliran bahwa menerangkan Al-Ghazali Rasulullah). oleh bawa di yang ajaran (mendustakan bihi"
ajaran mendustakan untuk dimaksudkan tidak tafsirannya selama rupa, begitu yang tafsirannya dengan
ke-5 sampai mengurutkan Ia 'wil". "Ta dengan disebut disini Tafsir kafir. divonis boleh tak maka Rasulullah,
eksistensi al-hissiy), (al-wujud inderawi eksistensi al-haqiqiy), (al-wujud hakiki Eksistensi eksistensi. tahap
al- (al-wujud semu eksistensi dan al-'aqliy), (al-wujud rasionalis eksistensi al-khayaliy), (al-wujud imajinatif
muslim filsuf para bahwasannya menjelaskan dan kerancuan adanya melihat al-Ghazali Kemudian, syibhiy).
Seperti ke-Tuhan-an. masalah 3 dalam al-'Agidah" "Ushulu dari keluar telah karena kafir dikatakan dapat
dalil ada tidak dengan raga dalam ke jiwa kembalinya jasad, kebangkitan dalam mereka pengingkaran halnya
dan agama suatu pada aqidah dalam berbahaya paling yang hal dikatakan dapat yang Inilah mutlak. yang
filsuf. para dari kebanyakan pentakfirannya wajib
dari bahaya memperhatikan sangat muslimin kaum agar berharap Penulis akhirnya, Pada
yang aqidah dari k
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentAqidah Filsafat Islam
Item ID6849
Deposited09 Mar 2025 04:54