Thesis
Published
IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA PERANCANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF IQRA' JILID 1
Abstract
Pada era digital yang terus berkembang, pemasaran produk dan layanan menjadi semakin kompleks dan menuntut inovasi yang lebih tinggi. Salah satu tren pemasaran terkini adalah pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR) yang berpotensi besar untuk mengubah cara konsumen berinteraksi dengan produk dan layanan. Teknologi AR memungkinkan pengguna untuk mengalami penggabungan dunia fisik dan virtual, menciptakan pengalaman yang lebih menarik dan interaktif. Oleh karena itu diperlukan alat peraga sebagai media ajar interaktif berbasis Augmented Reality (AR). Tujuan dari penelitian ini yaitu, Merancang sebuah aplikasi media ajar buku iqra’ jilid 1 menggunakan teknologi Augmented Reality markerbased tracking berbasis android dengan nama aplikasi AR-Iqro. Proses perancangan media mengikuti tahapan-tahapan dari metode System Development Life Cycle (SDLC) atau yang biasa dikenal dengan waterfall. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi “AR-Iqro” yang berisikan visualisasi elemen multimedia berbentuk dua dan tiga dimensi. Pengujian dilakukan dalam empat langkah, termasuk uji fitur aplikasi menggunakan metode black box yang mencapai nilai 100%. Selain itu, ada pengujian untuk memastikan kompatibilitas aplikasi dengan berbagai perangkat android. Aspek lain dari pengujian melibatkan pemberian kuesioner kepada guru dan pengajar yang memberikan nilai rata-rata presentase sebesar 97%, kepada ahli media sebesar 96% dan ahli materi pengajaran sebesar 96%. Oleh karena itu, didapatkan kesimpulan bahwa aplikasi media ajar menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) berbasis marker based dianggap “Sangat Baik” sebagai alat bantu dalam media kegiatan belajar dan mengajar (KBM).
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentTeknik Informatika
SubjectsDewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
23rd Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 - Pemrograman komputer, program dan data
23rd Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 - Pemrograman komputer, program dan data
Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 006 - Metode komputer khusus
23rd Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 006 - Metode komputer khusus
23rd Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 - Pemrograman komputer, program dan data
23rd Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 - Pemrograman komputer, program dan data
Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 006 - Metode komputer khusus
23rd Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 006 - Metode komputer khusus
KeywordsAugmented Reality, Marker Based, Iqro, Jilid, Android
Item ID6879
Deposited09 Mar 2025 07:31