Jaya Rahmawati, Anisa (2018) تطوير ذكاءات المتعددة بالأنشطة الإضافية لطالب الفصل الخامس بمعهد دار السلام كونتور للبنات للتربية الإسلامية الحديثة الحرم الثالث 1439-1438 السنة الدراسية. D4 Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.
FILE TEXT
Anisa Jaya FIX.pdf Download (7MB) |
Abstract
Teori Multiple Intelligences mempunyai daya tarik antara disiplin ilmu, karena teori Multiple Intelligences mempluralkan konsep tradisional dan kemampuan akal untuk mencapai cita-cita di masa depan. Macam-ma-cam Mutiple Intelligences yaitu: kecerdasan Linguistik, Logis-Matematis, Visual, Kinestik tubuh, Musikal, Interpersonal, Intrapersonal dan Natural. Jenis penelitian ini, Qualitative Descriptive. Teknik analisis datanya meng-gunakan teori Miles dan Huberman yang meliputi 3 langkah: pengumpulan data, penyajian data dan kesimpulan. Gontor mengembangkan kecerdasan Linguistik bagi kelas lima melalui kegiatan diskusi, latihan pidato, fathul kutub dan pelajaran sore. Melalui kegiatan inilah Gontor mengembangkan; kemampuan menyusun kata dan kalimat, membaca dan menulis dengan menggunakan kaidah Nahwu dan Grammar, menulis dan membaca secara Sistematis Logis, berbicara bahasa Arab dan Inggris, memberikan pendapat dan berdiskusi. Sedangkan dalam pengembangkan kecerdasan Interperson-al melalui kegiatan organisasi rayon dan diskusi. Melalui kegiatan inilah Gontor mengembangkan; kemampuan menyelesaikan masalah, Leadership, kemampuan berpendapat dan kemampuan bersosialisasi. Sedangkan dalam pengembangan kecerdasan Intrapersonal melalui kegiatan drama arena, or-ganisasi rayon, diskusi dan kursus mahir tingkat dasar. Melalui kegiatan inilah Gontor mengembangkan; kemampuan memahami minat dan bakat, kemampuan mengatur emosi, kemampuan bersosialisasi, kemampuan men-empatkan diri, kemampuan menyelesaikan masalah, kemandirian, kemam-puan mengatur diri dan waktu serta Leadership. Keywords: Pengembangan, Multiple Intelligences, Kegiatan Ekstrakuliku-ler, Howard Hardner, Kecerdasan
Item Type: | Thesis ( D4 Diploma ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 03:59 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:59 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/705 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |