Thesis
Published
Penerapan Strategi Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar Muthala’ah Santriwati Kelas 2 di Pondok Modern Al-Imtinan Putri, Tembilahan, Riau Tahun Ajaran 1443 – 1444 H
Abstract
Berdasarkan dari hasil observasi dan juga data hasil belajar yang sudah dilakukan di kelas 2 KMI Pondok Modern Al-Imtinan Putri diperoleh bahwa santriwati kelas 2 KMI PMIP masih menganggap bahwa pelajaran Muthola’ah yakni pelajaran yang cukup berat karena berbahasa arab yang mana para santriwati kelas 2 masih tergolong minim dalam pengetahuan berbahasa sehingga mereka hanya mengandalkan menghafal untuk menguasai pelajaran tersebut tanpa memahaminya. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru pun belum bervariasi yang menyebabkan para santriwati kurang bersemangat dan tidak memperhatikan guru serta lengah saat belajar di kelas. Sehingga sebagian dari mereka belum bisa menerapkan pelajarn ini setelah mempelajarinya di dalam kelas. Hal tersebut menjadi pengaruh terhadap nilai hasil belajar mereka. Maka daripada itu diperlukan adanya strategi pembelajaran dalam proses belajar mengajar didalam kelas untuk dapat memberikan pengalaman belajar dan mengajar yang lebih efektif dan menarik serta tidak monoton saat didalam kelas dan agar para santriwati lebih kritis dalam memahami setiap kosa kata dan judul baru yang dipelajari pada pelajaran Muthola’ah.
Penelitian ini bertujuan untuk mulai menerapkan strategi belajar di dalam kelas dengan penerapan strategi belajar Crossword Puzzle untuk dapat meningkatkan nilai hasil belajar Muthola’ah kelas 2 di Pondok Modern Al-Imtinan Putri Tembilahan, Riau Tahun Ajaran 1443-1444 H.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan penerapan strategi pembelajaran yaitu strategi pembelajaran Crossword Puzzle. Dengan menggunakan teknik pengumpulam data berupa adanya wawancara, kemudian tes dan pengamatan menyeluruh. Untuk melakukan penelitian itu diperlukan yang namanya analisa data dengan deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif.
Model dari penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas gambaran oleh Kemmis and Mc Taggart. Peneliti melakukan penelitiannya di kelas 2 KMI di Pondok Modern Al-imtinan Putri dengan jumlah 41 santriwati pada tahun ajaran 1443-1444 H. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, yang mana pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Dan hasil dari penelitian ini yaitu pertama menyatakan bahwa strategi pembelajaran Crossword Puzzle efektif dalam meningkatkan kesemangatan belajar santriwati pada pelajaran muthola’ah di kelas 2 KMI Pondok Modern Al-Imtinan Putri Tahun Ajaran 1443-1444 H dengan hasil pada siklus pertama didapatkan hasil kesemangatan belajar santriwati dengan persentase 59,99% dan di siklus kedua menjadi 83,16%. Kedua bahwa strategi pembelajaran Crossword Puzzle efektif dalam meningkatkan dan memperbaiki hasil belajar santriwati pada pelajaran muthola’ah di kelas 2 dengan bukti adanya jumlah santriwati yang tidak lulus pada siklus pertama 43,90% dan menurun di siklus kedua menjadi 4,87%. Dan jumlah santriwati yang lulus pada siklus pertama dengan persentase 56,09% meningkatkan pada siklus kedua menjadi 95,23%.
Berdasarkan penelitian ini yang telah menerapkan strategi pembeljaran Crossword Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar muthola’ah kelas 2 maka ada beberapa saran yaitu: diharapkan kepada para santriwati untuk selalu memperhatikan guru dalam menjelaskan di semua pelajara. Dan diharapkan bagi para guru agar dapat menerapkan strategi pembelajaran apapun terkhusus Crossword Puzzle dalam proses belajar mengajar agar dapat mengubah suasana belajar menjadi tidak bosan dan dengan model atau strategi yang tidak itu saja.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentPendidikan Bahasa Arab
SubjectsL Education > L Education (General)
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
P Language and Literature > PZ Childrens literature
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
P Language and Literature > PZ Childrens literature
KeywordsStrategi belajar, Crossword Puzzle, Kesemangatan Belajar, Hasil Belajar, Muthola’ah
Item ID7307
Deposited26 Apr 2025 01:39