Thesis Published

تأثير استراتيجية تدوين الملاحظات الإرشادية (Guided Note Taking) على نتائج تعلم طلاب الفصل السادس في مادة تاريخ الثقافة الإسلامية في المدرسة الإبتدائية الأولية كيغونغارجو مانتينجان.

Cahyani, edwy melinia rezeky
Abstract
Sejarah kebudayaan islam merupakan sekumpulan kejadian atau peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah islam. Meski demikian, mata pelajaran sejarah kebudaan islam belum optimal jika hanya menggunakan metode ceramah. Di sisi lain Strategi Guided Note Taking adalah salah satu strategi yang membuat suasana kelas menjadi aktif sehingga pembelajaran tidak hanya terjadi satu arah saja. Dengan adanya Strategi guided Note Taking diharapkan dapat membantu guru untuk meningkatkan hasil belajar pada materi sejarah kebudayaan islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar menggunakan Strategi Guided Note Taking, dengan demikian dapat diketahui perumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh Strategi guided Note Taking terhadap hasil belajar siswa kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Awaliyah Kedungharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode Eksperimen. Dengan menggunakan Teknik Quasi Eksperimental design yaitu Nonquivalent control design. Dengan populasi penelitian yaitu siswa kelas 6 Madrasah intidaiyyah Awaliyah kedungharjo, dan jumlah sampel sebanyak 30, dan pengambilan sampel menggunakan sampel total yang dimana pengambilan sampel dari semua anggota populasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis Deskriptif, Uji persyarat dan uji beda dengan Mann-Whitney, berbantuan spss. Setelah melakukan Eksperimen dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Strategi Guided Note Taking terhadap hasil belajar siswa kelas 6 Madrasah Ibtidaiyyah Awaliyah kedungharjo. Dengan hasil analisis statistic yang menunjukkan Sig (2-tailed) pada uji Mann-Whitney sebesar 0,000< 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Strategi Guided Note Taking berpengaruh dan dapat memperbaiki hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti berharap Guru dan sekolah dapat lebih aktif dalam memperluas pengetahuan nya dan meningkatkan kualitas belajar mengajar. Hasil uji Mann- Whitney hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima atau terdapat pengaruh penggunaan Strategi Guided Note Taking terhadap hasil belajar siswa kelas 6 pada mata pelajaran kebudayaan islam di Madrasah Ibtidaiyyah Awaliyah Kedungharjo mantingan.
Publication Details
InstitutionUniversity of Darussalam Gontor
DepartmentPENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Item ID7804
Deposited20 Oct 2025 02:49
Actions
Permalink
Statistics

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics