Thesis
Unpublished
تنفيذ درس الإضاف اللغوي في معهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة الحرم الأول للبنات من منظور النظرية السلوكية (دراسة الحالة لطالبات الفصل الأول (۲۰۲۳) العام الدراسي : 1443٣ – 1444 هـ -
UNSPECIFIED
Abstract
Pondok Modern Darussalam Gontor adalah salah satu lembaga Pendidikan yang menanamkan pembelajaran Bahasa Arab, yaitu dengan wujudnya kegiatan kebahasaan Idhof Lughowiy. Kegiatan Idhof Lughowiy diadakan untuk santriwati baru, yaitu kelas 1, kelas 1 Intensive, dan kelas 2 untuk menambah wawasan bahasa mereka. Peneliti memilih Santriwati kelas 1 KMI sebagai objek penelitian karena santriwati kelas 1 sebagai pemula dalam menggunakan Bahasa Arab dan belum memiliki wawasan kebahasaan yang cukup. Pembelajaran Bahasa Arab pada kegiatan Idhof Lughowiy di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 menerapkan pembelajaran dengan teori behavioristik yang berupaya untuk membentuk perilaku yang diinginkan dalam tujuan pembelajaran dengan pemberian stimulus yang akan menghasilkan respon. Dengan menerapkan teori pembelajaran yang tepat perilaku siswa menjadi lebih baik sesuai dalam tujuan pembelajaran. Permasalahan yang dikaji adalah (1) Bagaimana penerapan pelajaran Idhof Lughowiy di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 menurut Teori Behavioristik? (2 Bagaimana penerapan teori behavioristik dalam pelajaran Idhof Lughowiy di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pelajaran Idhof Lughowiy di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus Menurut Teori Behavioristik dan mendeskripsikan penerapan Teori Behavioristik dalam kegitan Idhof Lughowiy di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian studi kasus, untuk menggali suatu kegiatan Idhof Lughowiy menurut Teori Behavioristik serta mengumpulkan informasi secara terinci dan mendalam selama periode tersebut. Data dan sumber data penelitian ini berupa stimulus respons yang berasal dari guru dan siswi kelas 1 KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1. Data Penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap analisis data meliputi tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan dua kriteria, yaitu ketekunan data dan triangulasi, triangulasi meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil analisis data dijelaskan secara kualitatif yang bersikap deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan Idhof Lughowiy sangat diperlukan stimulus respons yang tepat. Stimulus yang diberikan oleh pengampu materi meliputi pemberian contoh, nasihat, dan peringatan, serta pemberian hadiah. Siswi kelas 1 KMI merespons positif yaitu dan menghasilkan perubahan pola pikir siswi kelas 1 KMI untuk selalu berbahasa setiap harinya dan perubahan perilaku yaitu menyebutkan, menjawab, bertanya, menyampaikan, menanggapi, dan mengomentari. Berdasarkan hasil analisis diatas dalam penelitian ini masih banyak kekurangan, sehingga diharapkan peneliti setelahnya dapat melengkapi penelitian ini dengan sebaikbaiknya. Penulis juga berharap kepada Guru KMI yang berkontribusi dalam kegiatan ini untuk menciptakan pembiasaan, Guru KMI perlu menerapkan teori behavioristik lebih mendalam khususnya dalam penerapan stimulus respons untuk mencapai perilaku yang diinginkan, dan sebaiknya penyampaian stimulus dengan tepat dan jelas sehingga memudahkan respons siswi dalam pembelajaran.
Publication Details
SubjectsUNSPECIFIED
Item ID7814
Deposited21 Oct 2025 04:31