Thesis Published

تأثير نموذج التعلم لأسئلة عكس الدور (Role Reversal Questions) على نتيجة تعلم تاريخ الحضارة الإسلامية لطلاب المدرسة الثانوية الحكومية ١٠ نجاوي

Harahap, Aina Nur Hilmy
Abstract
Sejarah kebudayaan Islam merupakan mata pelajaran pendidikan agama Islam yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, dan menghayati sejarah kebudayaan Islam. Model pembelajaran role reversal questions merupakan model pembelajaran aktif yang menekankan pada tanya jawab dengan pertukaran peran yaitu siswa menjadi guru dan guru menjadi siswa. Untuk membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran peneliti ingin menggunakan model pembelajaran role reversal questions dalam proses pembelajaran sehingga siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai dan hasil belajar dapat meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role reversal questions terhadap hasil belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas VIII MTsN 10 Ngawi. Penelitian meggunakan metode kuantitatif eksperimen, desain penelitian True Eksperimental dengan pretest and posttest control group desaign pemilihan kelas eksperimen dan kontrol dengan cara simple random sampling dengan dua kelas yang memiliki kemampuan yang sama. Penelitian ini mengambil sampel dari 56 siswa yang dipilih secara random yaitu 28 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan melalui teknik kolmogroc-smirnov Mann Whitney dengan bantuan aplikasi SPSS 16. Dengan nilai post-test eksperimen yang memperoleh rata-rata 84,29 lebih besar daripada nilai post-test kelas kontrol 70,54, maknanya terdapat pengaruh model pembelajaran role reversal questions terhadap hasil belajar siswa yang dijelaskan dengan uji Mann Whitney sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Peneliti menyarankan bahwa model pembelajaran role reversal questions dapat digunakan di berbagai lembaga sebagai model pembelajaran sejarah kebudayaan Islam secara umum dan MTsN 10 Ngawi secara khusus untuk menjadikan proses pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif, serta dapat digunakan oleh peneliti-peneliti lain dalam melaksanakan penelitian pada tema yang sama.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentPendidikan Agama Islam
Item ID7828
Deposited27 Oct 2025 06:33
Actions
Permalink
Statistics

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics