Thesis
Published
نتائج تربية القيادة في الإسلام (The Chronicles of Ghazi ) دراسة تحليلية للرواية الخيالي
Abstract
Kepemimpinan adalah setiap tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mengkoordinasi dan memberi arah kepada individu atau kelompok lain. Pemimpin memegang peran sangat penting sehingga mengharuskannya untuk memenuhi syarat-syarat tertentu agar dapat menjadi pemimpin yang ideal. Pemimpin yang diharapkan tersebut tidak serta-merta muncul seketika tanpa disiapkan dan dibekali dengan pendidikan yang matang. Maka, pendidikan kepemimpinan sangat diperlukan untuk menciptakan pemimpin yang diharapkan dan didambakan rakyat.Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui konsep kepemimpinan dalam novel The Chronicles of Ghazi, (2) Mengetahui nilai-nilai pendidikan kepemimpinan dalam Islam di novel “The Chronicles of Ghazi”, (3) Mengetahui relevansi nilai-nilai kepemimpinan dalam novel “The Chronicles of Ghazi” dengan pendidikan Islam di Indonesia.Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode deskriptif-analisis. Data-data diperoleh dari sumber-sumber literatur mengenai kepemimpinan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analisys).Dari penelitian ini, peneliti berhasil memperoleh hasil sebagai berikut: (1) Konsep pendidikan kepemimpinan dalam Novel “The Chronicles of Ghazi” adalah dengan menerapkan dan menjunjung tinggi Syariat Islam, (2) Nilai-nilai kepemimpinan dalam Islam di Novel “The Chronicles of Ghazi” adalah bahwa seorang pemimpin harus memenuhi lima faktor penting, yaitu: self awareness atau kesadaran diri, social skills atau ketrampilan sosial, self regulation atau pengaturan diri, motivation atau motivasi, serta empathy atau empati. (3) Nilai-nilai Pendidikan kepemimpinan dalam novel “The Chronicles of Ghazi” relevan dengan pendidikan Islam di Indonesia, karena pendidikan kepemimpinan menurut Islam sangat diperlukan di Indonesia.Berdasarkan hasil penelitian diatas, peneliti berharap agar seluruh umat manusia memperhatikan pendidikan kepemimpinan dengan merujuk kepada Islam sebagai dasarnya, sehingga tercipta pemimpin yang didambakan yang mampu mengemban amanah dan membawa rakyatnya menuju kesejahteraan.
Keyword: Nilai, Pendidikan, Kepemimpinan
Publication Details
InstitutionUniversity of Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Tarbiyah
SubjectsL Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Item ID784
Deposited05 Nov 2020 15:14