Rustamaji, Rustamaji (2019) تصميم المواد التعليمية لمادة مهارة الاستماع للفصل الدراسي الأول قسم تعليم اللغة العربية بجامعة دار السلام كونتور. S2 Masters thesis, University of Darussalam Gontor.
FILE TEXT
rustamaji fix.pdf Download (950kB) |
Abstract
Kata Kunci: Materi Maharatu Al-Istima’, Keterampilan Mendengar, Penyusunan Bahan Ajar.Universitas Darussalam Gontor merupakan salah satu lembaga Islam yang memperhatikan pengajaran dan pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia, universitas ini telah berusaha memberikan perhatian khusus terhadap peningkatan pembelajaran Bahasa Arab, hal itu dapat terlihat dengan adanya program studi Pendidikan Bahasa Arab di universitas ini, dan di dalam program studi ini terdapat kurikulum yang terintegrasi dan terpadu untuk mengajarkan mahasiswa keterampilan bahasa yang empat (al-istima’, al-kalam, al-qiraah, al-kitabah) dengan baik, maka 4 keterampilan bahasa itu dijadikan materi khusus yang diajarkan dalam program studi ini, dan salah satu keterampilan mendasar yang diajarkan adalah keterampilan mendengar, yang tanpanya tidak mungkin keterampilan yang lain dapat dikuasai, akan tetapi proses pembelajaran belum berjalan efektif dan efesien disebabkan belum ada buku ajar yang tersedia untuk materi Maharatu al-Istima’. Untuk itu, peneliti menyusun bahan ajar materi Maharatu al-Istima’ untuk mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab, dengan berlandaskan hasil penelitian lapangan di universitas tersebut.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apa karakteristik bahan ajar materi Maharatu al-Istima’ dan seberapa efektif materi ajar yang disusun dalam meningkatkan kemampuan mendengar mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Darussalam Gontor?”. Berdasarkan rumusan masalah di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan karakteristik bahan ajar materi Maharatu al-Istima’, dan bertujuan untuk mengetahui efektifitas materi ajar yang disusun terhadap kemampuan mendengar mahasiswa.Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode Wawancara, Tes, Kuesioner, dan Dokumentasi. Hipotesa dalam penelitian ini adalah pengajaran Maharatu al-Istima’ yang menggunakan bahan ajar dan cara mengajar yang tepat, mampu meningkatkan kemampuan mendengar mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Darussalam Gontor. Dan untuk menganalisa data yang dikumpulkan, peneliti menggunakan rumus t-test dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah tersusunnya buku ajar sebagai pegangan dosen ataupun mahasiswa, dalam penyusunan buku tersebut peneliti merujuk pada analisis kebutuhan dari hasil wawancara dengan dosen materi Maharatu al-Istima’ dan beberapa mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab. Kemudian peneliti menentukan materi, mufradat, latihan soal, dan metode pengajarannya. Dalam penyajian bukunya, peneliti menggunakan warna dan gambar yang disesuaikan dengan tema. Setelah diujicoba, buku yang disusun dapat meningkatkan kemampuan mendengar mahasiswa dalam materi Maharatu al-Istima’. Hal ini terbukti berdasarkan kenaikan nilai yang cukup signifikan dari perbandingan nilai pretest dan posttest setelaah dua kali uji coba yang menghasilkan skor uji t sebesar 10,105 dan lebih besar dari harga table t sebesar 2,086 untuk n=30. Maka bahan ajar ini mampu memudahkan dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran dan membantu mencapai tujuan yang diharapkan.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, diharapkan kepada dosen program studi Pendidikan Bahasa Arab agar lebih memperhatikan seluruh kemahiran bahasa yang dimiliki oleh mahasiswa khususnya dalam kemampuan mendengar, karena keterampilan ini berperan penting untuk menguasai keterampilan bahasa yang lain. Dan kepada seluruh dosen untuk lebih memperhatikan kebutuhan terhadap bahan ajar yang sesuai dengan mahasiswa, sehingga dapat memotivasi mereka dan meningkatkan keterampilan bahasanya
Item Type: | Thesis ( S2 Masters ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Pascasarjana Magister UNIDA Gontor > Magister Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 15:31 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 03:02 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/791 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |