Thesis
Published
Makna Tagline “Menjadi Yang Terbaik” Iklan Telkomsel Versi Pilot Papua dan Dokter Anggrawati
Abstract
Iklan adalah salah satu cara komunikasi perusahaan yang intens untuk menciptakan
identitas diri perusahaan atau Corporate identity. Dalam membuat sebuah iklan dibutuhkan
sebuah tagline agar konsumen mudah mengingat isi pesan iklan dan mempunyai daya
pembeda dari iklan-iklan pesaingnya. Biasanya, tagline iklan dibuat untuk mencerminkan
profil perusahaan yang bersangkutan. Telkomsel mengusung tagline Menjadi Yang Terbaik
melalui beberapa iklan yang diproduksinya, salah satunya versi Pilot Papua Riko Kabak
dan versi Dokter Anggrawati. Sebagai produk komunikasi, iklan memiliki pesan-pesan
tertentu yang disampaikan melalui narasi dan visualisasi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengintepretasikan makna tagline Menjadi Yang Terbaik Iklan Telkomsel versi Pilot
Papua Riko Kabak dan versi Dokter Anggrawati. Intepretasi makna iklan didapatkan
dengan menganalisa data-data yang sebelumnya dikumpulkan melalui proses dokumentasi,
observasi dan studi pustaka. Analisa makna dilakukan dengan menggunakan analisis
semiotika Roland Barthes. Hasil analisa iklan yang dilakukan melahirkan intepretasi
bahwa makna Menjadi yang terbaik adalah adalah sebuah kesatuan usaha seseorang dalam
melaksanakan sebuah tugas yang didasari kesungguhan, kepedulian, perjuangan, tanggung
jawab, keberanian, kesigapan, pengorbanan dan dedikasi atau pengabdian diri. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap kajian analisis isi pesan terutama
yang menggunakan kajian semiotika Roland Barthes.
Kata Kunci: Analisis makna, Iklan Telkomsel, Tagline Menjadi Yang Terbaik, Semiotika
Roland Barthes.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Humaniora
Item ID822
Deposited06 Nov 2020 16:24