Thesis
Published
Pengaruh Tingkat Religiualitas Keputusan Pembelian Rokok (Studi Kasus Mahasiswa Unida Magelang Tahun 2019(
Abstract
Islam adalah agama yang mengatur kehidupan ummatnya secara sempurna,bukan
saja pada persoalan yang berkaitan dengan aqidah, akhlak dan ibadah, namun juga persoalan
mu’amalah. Salah satu aspek mu’amalah manusia adalah berkaitan dengan konsumsi.
Dalam Islam setiap muslim diwajibkan mengkonumsi hal yang halal, karena setiap yang
kita konsumsi akan mendarah daging dalam tubuh. Jika diperluas, mengkonsumsi tidak
hanya sebatas mengkonsumsi makanan tetapi juga yang kita konsumsi selain makanan
salah satunya yaitu rokok. Ada yang mengatakan bahwasanya rokok itu haram dan ada
yang mengatakan bahwasanya rokok itu makruh karena rokok tidak disebutkan secara jelas
dan terperinci di dalam Al-qur’an dan hadits.
Tujuan dalam peneliti ini adalah untuk mengetahui apakah tingkat religiusitas
berpengaruh terhadap keputusan pembelian rokok di Universitas Daussalam Gontor
Magelang, seberapa besar pengaruh tingkat religiusitas berpengaruh terhadap keputusan
pembelian rokok di Universitas Daussalam Gontor Magelang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang digunakan adalah data
primer yang didapatkan dari kuesioner yang dibagikan kepada perokok aktif dengan
menggunakan sempel jenuh. Penelitian ini dilakukan terhadap 38 mahasiswa perokok aktif
di Universitas Daussalam Gontor Magelang dengan menggunakan angket skala (sikap)
likers. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi
linear sederhan meliputi uji t dan uji koefisien determinasi untuk mengetahui pengaruh
tingkat religiusitas terhadap keputusan pembelian. Dan untuk mengetahui adanya variabel
penggangu, data uji menggunakan uji asumsi klasik yang meliputi, uji normalitas,
autokorelasi dan heteroskedastisitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya variable tingkat religiusitas
berpengaruh secara tidak signifikan terhadap keputusan pembelian rokok. Hal ini dapat
dilihat dari nilai probabilitas variabel tingkat religiusitas sebesar 0,207, dan nilai ini
lebih besar dari 0,005 maka ini menandakan bahwa0 keputusan pembelian rokok secara
signifikan tidak dipengaruhi oleh tingkat religiusitas. Dari hasil penelitian ini diketahui
bahwa tingkat religiusitas berpengaruh kecil terhadap keputusan pembelian rokok. Dilihat
dari R Squere sebesar 0,044, menunjukkan bahwasanya variabel tingkat religiusitas
mempengaruhi keputusan pembelian rokok sebesar 4,4% dan sisanya 95,6% sisanya
dipengaruhi oleh variabel yang lain diluar variable tingkat religiusitas misalnya psikologi,
biologi, lingkungan, promosi, ditribusi, harga, produk.
Kata kunci: Tingkat Religiusitas , Keputusan pembelian, Rokok
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Ekonomi dan Management
Item ID854
Deposited07 Nov 2020 17:22