Thesis
Published
الثانوية ابملدرسة السابع الفصل طالب ألخالق العبودية تعليم أتثري م 2019-2018 الدراسي العام جناوى 10 اإلسالمية
Abstract
Pengajaran adalah bentuk pertolongan bagi siswa untuk menumbuhkan pikiran dan
akhlaknya sehingga mencapai akhlak karimah dan untuk mempersiapkan kehidupan yang
akan datang. Dan ubudiyah adalah hubungan antara makhluk dan penciptaNya, diantaranya
dengan wujud kasih dan sayang, maka dari itulah bentuk ketaatan kepada sang pencipta.
Dalam penelitian ini, peneliti memilih MTs Negeri 10 Ngawi dikarenakan di sekolah
tersebut siswa mendapatkan pendidikan ubudiyah yang diterapkan oleh sekolah demi
menjadikan anak didiknya memiliki akhlak yang baik. Namun, sebagian dari siswanya
yang berada disekolah tersebut memiliki akhlak yang rendah terlebih pada siswa kelas 7.
Maka dari itu peneliti akan meneliti tentang Pengaruh Pendidikan Ubudiyah dalam Akhlak
Siswa di MTs Negeri 10 Ngawi Tahun Ajaran 2018-2019.
Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui: (1) Nilai Pendidikan ubudiyah yang
diterapkan pada siswa kelas 7 MTs Negeri 10 Ngawi Tahun Ajaran 2018-2019. (2) Nilai
Akhlak pada siswa kelas 7 MTs Negeri 10 Ngawi Tahun Ajaran 2018-2019. (3) Ada atau
tidak adanya pengaruh pendidikan ubudiyah dalam akhlak siswa di MTs Negeri 10 Ngawi
Tahun Ajaran 2018-2019.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian kuantitatif, dan
penelitian ini menggunakan populasi seluruh kelas 7 untuk mengetahui suatu pengaruh
pendidikan ubudiyah dalam akhlak siswa di MTs Negeri 10 Ngawi Tahun Ajaran 2018-
2019. Sedangkan jumlah siswa kelas 7 MTs Negeri 10 sejumlah 195, dan peneliti
mengambil sampel 5% yang berjumlah 131 orang dengan menggunakan metode acak.
Dan untuk mengetahui hasil dari akhlak dan pendidikan ubudiyah peneliti menggunakan
angket yang sudah di uji validitas dan realibilitasnya. Dan dalam penelitian ini, peneliti
ingin mengetahui pengaruhi antara dua veriable tersebut menggunakan Analisis Regresi
Linear Sederhana dengan menggunakan program SPSS. Dan untuk analisisnya peneliti
menggunakan rumus regresi yang digunakan untuk mengukur pengaruh variabel terhadap
variabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai pendidikan ubudiyah kelas 7 MTs
Negeri 10 Ngawi melalui angket dengan rata-rata 99,52 dengan kategori tinggi. (2) Nilai
akhlak kelas 7 MTs Negeri 10 Ngawi melalui angket dengan rata-rata sebesar 102,57
dengan kategori tinggi. (3) Adanya pengaruh pendidikan ubudiyah dalam meningkatkan
akhlak siswa di MTs Negeri 10 Ngawi dikarenakan diterimanya Ha (Adanya pengaruh
antara pendidikan ubudiyah dengan akhlak siswa) dengan t hitung > t tabel , yaitu 65.864 1,937.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan:(1) Bagi guru MTs Negeri 10 Ngawi
untuk memperhatikan dan meningkatkan penerapan pendidikan ubudiyah, khususnya
dalam pembinaan akhlak siswa. (2) Bagi siswa kelas7 MTs Negeri 10 Ngawi untuk lebih
meningkatkan pendidikan ubudiyah sehingga mampu menerapkan akhlak karimah dalam
kehidupan sehari-hari. (3) Bagi peneliti diharapkan dapat mengambil banyak pelajaran
yang didapatnya dengan baik.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Tarbiyah
Item ID861
Deposited07 Nov 2020 22:41