Thesis
Published
ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF SHARIA PRINCIPLES IN MARKETING STRATEGY ON SHARIA HOTEL (Case Study Syariah Hotel Solo)
Abstract
Kondisi perekonomian kota Solo yang semakin bertumbuh dengan
ditopang oleh 3 sektor ekonomi utama yaitu pariwisata, kuliner, dan pasar
tradisional. Wisatawan yang cenderung meningkat menunjukan bahwa
kota Solo memiliki potensi dan daya tarik wisata. Sektor inilah yang
akhirnya mendorong dua sektor lainnya ikut meningkat. Pertumbuhan di
ketiga sektor diatas juga akhirnya mendorong sektor hospitality, khusunya
dunia perhotelan. Permintaan pasar akan hotel yang nyaman, khususnya
berbasis syariah semakin tinggi karena mayoritas penduduk Indonesia
memeluk agama Islam. Selama ini umat Islam masih dalam lingkup bisnis
konvensional yang kadang jauh dari nilai dan prinsip syariah, bahkan
melenceng dari ajaran Islam. Sudah selayaknya menggiatkan bisnis syariah,
karena hal tersebut akan menjadikan sebuah strategi serta peluang baru dalam
pemasaran. Hadirnya Syariah Hotel Solo adalah membuka peluang dengan
perusahaan jasa yang lebih bermanfaat dan tetap sesuai dengan permintaan
segmentasi pasar Syariah Hotel Solo yang didirikan oleh Bapak Hutomo
Mandala Putra (Tommy Suharto) adalah hotel bintang 4 dengan konsep
syariah hotel terbesar se Indonesia, dengan beralamatkan Jln. Adisucipto
No. 47, Solo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip
syariah yang diterapkan pada Syariah Hotel Solo dalam strategi pemasaran
bisnis perhotelan dan juga mengetahui kendala penerapan prinsip syariah
yang dijalankan oleh Syariah Hotel Solo dalam strategi pemasaran
bisnis perhotelan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah Syariah Hotel Solo sudah
mengimplementasikan prinsip syariah seperti, rabbaniyah, akhlaqiyah,
alwaqiah, dan al insaniyah dalam setiap kegiatan yang ada di hotel. Serta
branding syariah yang dimiliki oleh hotel menjadi kekuatan dalam menjaga
eksistensi dalam persaingan pasar di era globalisasi. Kemudian kendala
yang dihadapi adalah kurangnya edukasi masyarakat terhadap konsep
syariah baik dari harga dan pelayanan
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Ekonomi Dan Manajemen
Item ID872
Deposited08 Nov 2020 03:31