Thesis
Published
ترقية يف )Media Graphics (Charts البياين ابلرسم اإلعالمية الوسائل تنفيذ دار معهد D التكثيفي الثالث الفصل لطالبات البالغة مادة يف التعلم إجناز الدراسي العام احلديثة اإلسالمية للرتبية الثالث احلرم للبنات كونتور السالم ٢٠١٩-٢٠١٨م
Abstract
Ditinjau kepada pembelajaran siswi terhadap materi Balaghoh dalam
ilmu Bayan kelas 3 Intensif, beberapa dari siswi menemukan kesulitan
dalam membedakan pembagian divisi dan topik judul bahasannya yang
mirip satu sama lain, maka materi Balaghoh menjadi materi yang dianggap
baru bagi siswi kelas 3 Intensif yang terkadang membuat mereka bingung
untuk mempelajarinya, maka dari itu peneliti mencoba menerapkan media
pembelajaran berupa bagan buatan guru atau buatan siswi sendiri secara
mandiri dalam pembelajaran materi Balaghoh tepatnya siswi KMI kelas 3
Intensif D, yang mana media ini cukup efektif untuk meningkatkan prestasi
belajas siswi.
Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan
hasil belajar pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran
yaitu bagan pada materi Balaghoh siswi KMI Kelas 3 Intensif D Pondok
Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 Tahun Ajaran 2018-2019 M.
2) dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pembelajaran dengan
menggunakan media pembelajaran yaitu bagan pada materi Balaghoh siswi
KMI Kelas 3 Intensif D Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus
3 Tahun Ajaran 2017-2019 M.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rancangan Penelitian
Tindakan Kelas(PTK) yang dilaksanakn dipondok modern Darussalam
Gontor putri kampus ٣ dengan sampel siswi KMI kelas 3 Intensif D.
penelitian terdiri dari 2 siklus yang mencangkup persiapan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi.
Kesimpulan dari analisis penelitian bahwa penerapan media grafis
bagan efektif untuk meningkatkan pemahaman belajar siswi dan prestasi
belajar siswi Pada siklus pertama hasil belajar siswi mencapai 53,13%, lalu
mengalami peningkatan pada siklus kedua yaitu 75%.
Dengan demikian peneliti berharap kepada segenap dewan guru untk
menerapkan media yang sesuai dalam proses belajar, pada mata pelajaran
yang diajarkan.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Tarbiyah
Item ID874
Deposited08 Nov 2020 03:35