Thesis
Published
Analisis pengaruh keinginan dan kebutuhan terhadap pola konsumsi (Studi Kasus Santriwati akhir KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keinginan dan
kebutuhan terhadap pola konsumsi dan pengaruh keinginan dan kebutuhan
secara simultan terhadap pola konsumsi. Metode penelitian ini adalah Metode
Kuantitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian
ini adalah Santriwati akhir KMI Pondok Modern Darussalam Gontor putri 1,
Metode pengambilan sampelnya menggunakan teknik Probability Sampling
dengan cara Simple Random Sampling. pengambilan sampelnya menggunakan
rumus Slovin dengan menggunakan taraf kesalahan siginikansi sebesar 10%. Data
yang digunakan adalah data Primer yang didapat langsung dari Santriwati akhir
Pondok Modern Darussalam Gontor 1, dan data sekunder bersumber dari buku,
penelitian terdahulu, jurnal, dan media cetak yang terkait dengan pembahasan.
Metode pengumpulan data menggunakan metode Quesioner, serta dokumentasi.
Metode Analisis data menggunakan uji t, uji F, dan uji Regresi Linier berganda.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa, variabel keinginan tidak perpengaruh
terhadap pola konsumsi santriwati dintunjukkan dengan t hitung lebih kecil dari
t tabel (-0,185 < 1,291), dan variabel Kebutuhan (X2) perpengaruh terhadap pola
konsumsi santriwati namun tidak secara signifikan, ditunjukkan dengan hasil t
hitung lebih besar dari t tabel (1,699 > 1,291). Hasil uji F menunjukkan bahwa antara
kedua variabel X tidak memiliki pengaruh terhadap variabel Y yang ditunjukkan
oleh hasil F hitung lebih kecil dari F tabel (1,625< 2,39). Hal ini menunjukkan
bahwasannya H0 Diterima dan H1 Ditolak. Uji Regresi Linier Berganda
menunjukkan bahwa variabel Keinginan (X1) memiliki nilai -0,021 yang berarti
berpengaruh negatif dan variabel kebutuhan (X2) memiliki nilai 0,185 yang berarti
bahwa variabel kebutuhan berpengaruh positif terhadap pola konsumsi. Saran dari
penelitian ini diharapkan kepada seluruh Santriwati khususnya santriwati akhir
untuk meningkatkan pemahaman terkait kebutuhan dan keinginan dalam kegiatan
konsumsi serta menekankan kepada wali kelas untuk memberikan pemahaman
lebih terkait kegiatan konsumsi terutama dalam membedakan antara kebutuhan
dan keinginan.
Kata Kunci: Keinginan, Kebutuhan, Pola Konsumsi, Konsumsi Islam
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Ekonomi dan Management
Item ID881
Deposited08 Nov 2020 03:53