Thesis
Published
Penerapan Strategi Cooperative Learning Jigsaw dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas 3D di Madrasah Tsanawiyah Joresan Mlarak Ponorogo Tahun Ajaran : 2018-2019
Abstract
Pembelajaran pada zaman sekarang mempunyai perbedaan dengan pembelajaran
pada zaman dahulu. Dilihat dari penggunaan strategi maupun media pembelajaran yang
diterapkan oleh guru sehingga memudahkan dalam proses belajar mengajar didalam kelas.
Dan pada zaman sekarang ini banyak juga stategi-strategi pembelajaran maupun media
pembelajaran yang dapat mempermudah guru untuk menyampaikan materi kepada siswa.
Adapun Strategi pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa
salah satunya adalah pembelajaran aktif Cooperative Learning Strategi Jigsaw, karena
strategi ini telah terbukti dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam kelas. Di MTs
Al Islam Joresan, Mlarak Ponorogo tahun pembelajaran 2018/2019 menunjukkan bahwa
pemahaman yang tergolong kurang dalam mata pelajaran Mutola’ah Kelas Tiga D, oleh
sebab itu perlunya Penerapan Strategi Cooperative Learning Jigsaw dalam meningkatkan
pemahaman siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi Jigsaw dan meningkatkan
pemahaman siswa kela Tiga D pada mata pelajaran Mutholaah menggunakan Pembelajaran
aktif Cooperative Learning Strategi Jigsaw di MTs Al Islam Joresan, Mlarak Ponorogo
tahun pembelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini
memiliki 2 siklus, dan dalam pelaksanaan siklusnya terdapat 4 komponen inti, diantaranya;
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
dipakai yaitu analisis mixed method, yaitu pendekatan yang dilakukan dengan memberikan
sajian data secara kualitatif dan kuantitatif. Dan kriteria keberhasilan pada penelitian ini
adalah 70%.
Dan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aktif Cooperative
Learning Strategi Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pelajaran
muthola’ah di kelas Tiga D MTs Al Islam. Analisis data pada prasiklus menunjukkan
bukti bahwa 9 siswa mencapai hasil belajar yang diharapkan dengan presentase ketuntasan
sebanyak 27%, lalu meningkat pada siklus I sebanyak 22 siswa mencapai hasil belajar
yang diharapkan dengan presentase ketuntasan 66%, dan meningkat lagi pada siklus II
sebanyak 28 siswa mencapai hasil belajar yang diharapkan dengan presentase ketuntasan
84,8%.
Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti memberikan saran: (1) kepada guru
diharapkan dapat memilih media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang
akan diajarkan. (2) kepada siswa agar tetap bersemangat dalam setiap kegiatan pembelajaran
dan dapat menigkatkan pemahaman serta hasil belajarnya. (3) kepada penulis setelahnya
agar bisa melanjutkan dan mengembangkan penelitian ini dengan variabel yang berbeda,
indikator yang berbeda, maupun mata pelajaran yang berbeda
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Tarbiyah
Item ID886
Deposited08 Nov 2020 04:48