Journal Article Published

Sa’adah Dalam Perspektif Komunikasi Islam (Filsafat Miskawaih dan Al-Ghazali)

ali musa harahap, ali
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan untuk membahas aksiologi, dari ilmu komunikasi yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan calon peneliti dalam memahami sifat hakikat ilmu komunikasi, cara membangun ilmu komunikasi, dan berikut aplikasinya dalam kaidahkaidah moral. Peneliti memilih tema ini karena banyak individu, masyarakat dan golongan yang masih mengesampingkan filsafat Islam untuk menjawab permasalahan sosial termasuk komunikasi. Minimnya pengetahuan publik tentang konsep komunikasi yang dijelaskan oleh tokoh-tokoh filsafat Muslim menjadi pertimbangan selanjutnya mengapa penelitian ini dilakukan. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui konsep sa’adah dalam etika komunikasi menurut pandangan Miskawaih dan Al-Ghazali. Dengan menggunakan pendekatan analitis, artikel ini berfokus pada faktor-faktor kebahagiaan yang terkait erat dengan etika berkomunikasi dan menelaahnya dengan metodologi interpretasi Islam tentang Quran dan Sunnah yang digunakan oleh para ulama klasik yang berpengaruh dan terkenal yaitu Miskawaih dan Al-Ghazali. Dari hasil analisa ditemukan bahwa manusia dengan komunikasi yang tidak baik dan tidak bermoral dikarenakan kurang memiliki bimbingan dan arahan. Oleh karena itu, mereka tidak dapat mencapai kebahagiaan nyata karena kegagalan mengkomunikasikan pesan mereka. Terakhir, penelitian ini merekomendasikan beberapa langkah komunikasi yang diterangi dengan pemahaman bahwa Islam mendukung pandangan komunikasi yang benar. Kata kunci: Sa’adah, Komunikasi Islam, Filsafat Miskawaih dan Al-Ghazali, Etika Komunikasi
Publication Details
JournalSahafa: Journal of Islamic Communication
Volume3 (1)
ISSN2622-3449
Item ID912
Deposited21 Nov 2020 02:25
Actions
Permalink
Statistics

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

Export Citation