Journal Article
Published
Sa’adah Dalam Perspektif Komunikasi Islam (Filsafat Miskawaih dan Al-Ghazali)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan untuk membahas aksiologi, dari ilmu
komunikasi yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan calon peneliti dalam memahami sifat
hakikat ilmu komunikasi, cara membangun ilmu komunikasi, dan berikut aplikasinya dalam kaidahkaidah
moral. Peneliti memilih tema ini karena banyak individu, masyarakat dan golongan yang
masih mengesampingkan filsafat Islam untuk menjawab permasalahan sosial termasuk komunikasi.
Minimnya pengetahuan publik tentang konsep komunikasi yang dijelaskan oleh tokoh-tokoh filsafat
Muslim menjadi pertimbangan selanjutnya mengapa penelitian ini dilakukan. Penelitian kualitatif
ini bertujuan untuk mengetahui konsep sa’adah dalam etika komunikasi menurut pandangan
Miskawaih dan Al-Ghazali. Dengan menggunakan pendekatan analitis, artikel ini berfokus pada
faktor-faktor kebahagiaan yang terkait erat dengan etika berkomunikasi dan menelaahnya dengan
metodologi interpretasi Islam tentang Quran dan Sunnah yang digunakan oleh para ulama klasik
yang berpengaruh dan terkenal yaitu Miskawaih dan Al-Ghazali. Dari hasil analisa ditemukan bahwa
manusia dengan komunikasi yang tidak baik dan tidak bermoral dikarenakan kurang memiliki
bimbingan dan arahan. Oleh karena itu, mereka tidak dapat mencapai kebahagiaan nyata karena
kegagalan mengkomunikasikan pesan mereka. Terakhir, penelitian ini merekomendasikan beberapa
langkah komunikasi yang diterangi dengan pemahaman bahwa Islam mendukung pandangan
komunikasi yang benar.
Kata kunci: Sa’adah, Komunikasi Islam, Filsafat Miskawaih dan Al-Ghazali, Etika Komunikasi
Publication Details
JournalSahafa: Journal of Islamic Communication
Volume3 (1)
ISSN2622-3449
Item ID912
Deposited21 Nov 2020 02:25