Search for collections on UNIDA Gontor Repository

SOCIAL VALUES INSTRUMENT AS ISLAMIC MONEY DEMAND FUNCTION: EVIDENCE FROM MUZAKKI IN INDONESIA

Safitri, Fajrin Intan (2019) SOCIAL VALUES INSTRUMENT AS ISLAMIC MONEY DEMAND FUNCTION: EVIDENCE FROM MUZAKKI IN INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text (Cover)
1. Cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (128kB)
[img] Text (Abstrak)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (141kB)
[img] Text (Daftar Isi)
3. Daftar Isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (110kB)
[img] Text (Bab 1)
4. Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (224kB)
[img] Text (Bab 2)
5. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text (Bab 3)
6. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img] Text (Bab 4)
7. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text (Bab 5)
8. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text (Ref)
9. Ref.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk membuktikan bahwa Instrumen dalam Ekonomi Islam, zakat, infaq, shadaqah, dan waqf sebagai Fungsi dari Permintaan Uang dalam Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui instrument social values sebagai fungsi permintaan uang bagi umat Islam. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode kuesioner atau angket yang disebarkan pada responden dari 200 Muzakki di Indonesia. Data dianalisis dengan Structural Equation Modelling (SEM). Analisis SEM menunjukkan perkiraan keterkaitan konstruksi utama dalam sebuah data. Hasil yang diperoleh dari data set menujukkan hubungan dan pengaruh antara permintaan uang dan nilai sosial atau social values. Hasil dari penelitian ini adalah social values atau memiliki pengaruh signifikan terhadap permintaan uang muzakki di Indonesia. Karena dari berbagai element ekonomi Islam tidak hanya membantu meminimalkan ketidakstabilan dalam permintaan uang namun dapat juga mempengaruhi komponen-komponen selain permintaan uang dengan cara meningkatkan efisiensi dan keadilan yang lebih besar dalam hal penggunaan uang, maka Islamic social values memiliki tingkat dan hubungan yang signifikan dengan permintaan uang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 2X6 - Masyarakat, Politik, Ekonomi, Organisasi, Kebudayaan, Perpustakaan, dan Adat Istiadat dalam Islam > 2X6.300 - Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Khairul Munzilin Al Kahfi
Date Deposited: 26 Mar 2023 02:52
Last Modified: 26 Mar 2023 02:53
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2203

Actions (login required)

View Item View Item