Search for collections on UNIDA Gontor Repository

محاولة معهد دار السلام كونتور للبنات الحرم الثاني للتريبة الإسلامية الحديثة في تكوين الخلق المنظم طالبات السنة الخامسة بكلية المعلمات الإسلامية على النظرية السلكيّة العام الدراسي ١٤٣٩-١٤٤٠ هـ

Roufah, Auliya Nur (2019) محاولة معهد دار السلام كونتور للبنات الحرم الثاني للتريبة الإسلامية الحديثة في تكوين الخلق المنظم طالبات السنة الخامسة بكلية المعلمات الإسلامية على النظرية السلكيّة العام الدراسي ١٤٣٩-١٤٤٠ هـ. Undergraduate thesis, Universittas Darussalam Gontor.

[img] Text (Cover)
1. Cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (131kB)
[img] Text (Abstarak)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (224kB)
[img] Text (Daftar isi)
3. Daftar Isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (91kB)
[img] Text (BAB 1)
4. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (271kB)
[img] Text (BAB 2)
5. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text (BAB 3)
6. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text (BAB 4)
7. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text (Refrensi)
8. Refrensi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 DALAM MEMBENTUK MENTAL DISIPLIN SANTRIWATI KELAS 5 KMI BERDASARKAN TEORI BEHAVIORISTIK TAHUN AJARAN 1439 H- 1440 H Auliya Nur Roufah 362015110088 Kedisiplinan merupakan elemen terpenting serta sarana paling efektif dalam proses pendidikan di Pondok Pesantren guna membentuk karakter dan mental disiplin santriwatinya. Dalam hal seperti inilah, peranan guru sebagai pemimpin dalam menentukan strategi, memilih metode, dan pendekatan yang bervariasi untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya, yaitu membentuk mental disiplin santri. Setiap santriwati tidak selamanya dalam keadaan taat disiplin. Terkadang mereka lengah dan lalai dalam mentaati peraturan. Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 memberikan perhatian besar terhadap disiplin santriwati kelas 5, karena meskipun sudah besar dan menjadi pengurus rayon akan tetapi banyak ditemukan santriwati kelas 5 yang melanggar peraturan dan karena mereka menjadi contoh bagi anggota rayon mereka maka harus mentaati peraturan dan mendisiplinkan diri sendiri sebelum mendisiplinkan anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan 1) upaya Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 dalam membentuk mental disiplin kelas 5 berdasarkan teori behavioristik, 2) faktor yang mendukung dan menghambat santriwati kelas 5 dalam mentaati disiplin. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian Deskriptif Kualitatif. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan 3 metode, yaitu metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Subjek utama penelitian ini terdiri dari 5 orang, 2 orang guru KMI dan 3 orang santriwati kelas 5. Analisis yang dipakai mengacu pada Miles dan Hubbermenn yaitu: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Conclusion Drawing/verivication. Dari data analisis, telah ditemukan bahwasanya upaya Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 dalam membentuk mental disiplin santriwati kelas 5 adalah a. memberikan hukuman dan ganjaran, b. memberikan nasehat dan motivasi bagi santriwati kelas 5 yang tidak jera dengan hukuman, c. Pembiasaan, d. modeling (contoh atau teladan), e. Menyadarkan akan pentingnya disiplin bagi santriwati kelas 5 yang berkali-kali melanggar disiplin, f. pengawasan atau kontrol. Faktor yang mendukung santriwati kelas 5 mentaati disiplin adalah a. kesadaran dari diri sendiri, b. amanah, c. menjadi contoh bagi anggotanya, d. adanya hukuman. Sedangkan faktor yang menghambat santriwati kelas 5 mentaati peraturan adalah a. banyaknya tugas yang dikerjakan, b. kurangnya komunikasi dan persatuan sesama partner kerja, c. banyaknya kegiatan pondok, d. kurang bisa membagi waktu, e. ingin kebebasan dan tidak ada kekangan, dan f. hasutan dari teman. Pada akhirnya penulis menyarankan kepada: 1) Bagi Pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 perlunya memperhatikan faktor-faktor yang membuat santriwati berdisiplin khususnya santriwati kelas 5. 2) Bagi sektor guru yang yang berhubungan dengan disiplin kelas 5 hendaknya melaksanakan tugas dengan penuh keikhlasan dalam mendidik, membina dan membimbing kelas 5.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muhammad rizki hidayatullah
Date Deposited: 26 Mar 2023 03:54
Last Modified: 26 Mar 2023 03:54
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2231

Actions (login required)

View Item View Item