Search for collections on UNIDA Gontor Repository

THE LEVEL OF PATIENT SATISFACTION ON QUALITY OF PHARMACEUTICAL SERVICES AT COLOMADU DISTRICT REGION PHARMACIES IN KARANGANYAR CITY

Baharriski, Zahra Hanifa (2019) THE LEVEL OF PATIENT SATISFACTION ON QUALITY OF PHARMACEUTICAL SERVICES AT COLOMADU DISTRICT REGION PHARMACIES IN KARANGANYAR CITY. Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text (Cover)
1. Cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (58kB)
[img] Text (Abstrak)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (150kB)
[img] Text (Daftar Isi)
3. Daftar Isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (154kB)
[img] Text (Bab I)
4. Bab I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (172kB)
[img] Text (Bab II)
5. Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text (Bab III)
6. Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text (Bab IV)
7. Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text (Bab V)
8. Bab V.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (Referensi)
9. Referensi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)

Abstract

Apotek merupakan sarana pelayanan kefarmasian dimana menjadi tempat dilakukannya praktek kefarmasian oleh Apoteker. Adanya profesionalisme kinerja seorang apoteker dalam suatu pelayanan sangatlah berpengaruh dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Apabila kinerja pelayanan yang diberikan dapat memenuhi harapan pasien, maka secara otomatis akan tumbuh tingkat kepuasan pasien yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mengevaluasi tingkat kepuasan pasien dengan menilai 5 dimensi pelayanan kefarmasian di apotek yang mencangkup sarana-prasarana, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati. Evaluasi terhadap kualitas mutu pelayanan kefarmasian di apotek sangat diperlukan agar apoteker secara terus menerus dapat melakukan perbaikan baik dalam segi pelayanan produk ataupun jasa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif non-eksperimental, dengan model pengambilan data secara Cross-Sectional. Jumlah sampel sebanyak 140 responden diambil dari 5 apotek yang berada di wilayah Kecamatan Colomadu Kota Karanganyar. Secara keseluruhan presentase kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian menunjukkan interpretasi yang memuaskan yaitu sebesar 78,86%. Kesenjangan tertinggi dari 5 dimensi yang ada terdapat pada dimensi tangible dan dimensi ketanggapan yaitu -0,08. Hasil Importance Performance Matrix Analysis menunjukkan bahwa mayoritas secara keseluruhan item pernyataan terdapat pada kuadran II dan III dengan artian beberapa pelayanan kefarmasian perlu di pertahankan kinerjanya (keep up the good work) dan beberapa pelayanan sudah menunjukkan kinerjaaktual yang sudah cukup baik, sehingga tidak perlu terlalu diprioritaskan (low priority)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 610 - Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 613 Ilmu Kesehatan Umum dan keamanan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor > Farmasi
Depositing User: Ghazy Triyatno
Date Deposited: 26 Mar 2023 06:46
Last Modified: 26 Mar 2023 06:46
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2298

Actions (login required)

View Item View Item