Thesis
Published
THE LEVEL OF PATIENT SATISFACTION ON QUALITY OF PHARMACEUTICAL SERVICES AT COLOMADU DISTRICT REGION PHARMACIES IN KARANGANYAR CITY
Abstract
Apotek merupakan sarana pelayanan kefarmasian dimana menjadi tempat dilakukannya praktek kefarmasian oleh Apoteker. Adanya profesionalisme kinerja seorang apoteker dalam suatu pelayanan sangatlah berpengaruh dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Apabila kinerja pelayanan yang diberikan dapat memenuhi harapan pasien, maka secara otomatis akan tumbuh tingkat kepuasan pasien yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mengevaluasi tingkat kepuasan pasien dengan menilai 5 dimensi pelayanan kefarmasian di apotek yang mencangkup sarana-prasarana, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati. Evaluasi terhadap kualitas mutu pelayanan kefarmasian di apotek sangat diperlukan agar apoteker secara terus menerus dapat melakukan perbaikan baik dalam segi pelayanan produk ataupun jasa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif non-eksperimental, dengan model pengambilan data secara Cross-Sectional. Jumlah sampel sebanyak 140 responden diambil dari 5 apotek yang berada di wilayah Kecamatan Colomadu Kota Karanganyar. Secara keseluruhan presentase kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian menunjukkan interpretasi yang memuaskan yaitu sebesar 78,86%. Kesenjangan tertinggi dari 5 dimensi yang ada terdapat pada dimensi tangible dan dimensi ketanggapan yaitu -0,08. Hasil Importance Performance Matrix Analysis menunjukkan bahwa mayoritas secara keseluruhan item pernyataan terdapat pada kuadran II dan III dengan artian beberapa pelayanan kefarmasian perlu di pertahankan kinerjanya (keep up the good work) dan beberapa pelayanan sudah menunjukkan kinerjaaktual yang sudah cukup baik, sehingga tidak perlu terlalu diprioritaskan (low priority)
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Ilmu Kesehatan
Item ID2298
Deposited26 Mar 2023 06:46