Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تنفيذ منهج المعلمين لمعهد المعادلة بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة

Lathifah, Umul (2019) تنفيذ منهج المعلمين لمعهد المعادلة بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة. Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text (COVER)
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (164kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (221kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (156kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (198kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text (BAB III)
6. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text (BAB V)
8. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)

Abstract

Pesantren sebagai lembaga keagamaan Islam telah membuktikan dirinya sebagai lembaga pendidikan yang memiliki peran besar dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu lembaga pendidikan pesantrenadalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pendidikan nasional. Hal ini merubah pandangan terhadap pendidikan pesantren sebelumnya yang dipandang sebagai lembaga pendidikan non formal yang kurang mendapat pengakuan dan apresiasi terhadap lulusannya, yang kemudian menunjukkan bahwa pesantren mu'adalah telah ditetapkan sebagai lembaga yang setara dengan lembaga pendidikan formal lainnya oleh Kementerian Agama.Dalam peraturan mu'adalah menyebutkan bahwa sistem yang ada dalam pesantren mu'adalah ada dua macam yaitu sistem salafi dengan kitab kuningnya dan sistem pembelajaran dirosah islamiyah dengan pola mu'alliminnya. Awal penyelenggaraan sistem mu'allimin dalam peraturan mu'adalah berawal dari pesantren Gontor, yang kemudian peraturan mu'adalah melebeli sistem gontor dalam pola mu'alimin tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah penjelasan deskriptif mengenai definisi dari sistem mu'allimin pada pesantren mu'adalah di Pondok Modern Darussalam Gontor, dan bagaimana penerapan satuan mu'allimin pada pesantren mu'adalah di Pondok Modern Darussalam Gontor. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode triangulasi antara metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sehingga mendapatkan keterangan yang jelas dalam penyusunan penelitian deskriptif ini. Metode analisa yang digunakan peneliti adalah motede Miles Hiberman yaitu dengan reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), dan penarikan kesimpulan atau verivikasi (Conclusion and Verivication). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dalam sistem mu'allimin pada pesantren mu'adallah Pondok Modern Darussalam Gontor, berdasarkan syi'ar pendidikannya yang menyatakan bahwa semua yang didengar, dilihat, dan dirasakan oleh santri adalah pendidikan, maka sistem mu'allimin mempunyai 3 sifat karakter sistem yaitu integratif dengan memadukan ilmu umum dan agama, komprehensif dengan memadukan intra, ko, dan ekstra kurikulum karena kurikulum di Gontor berjalan 24 jam selama santri hidup dalam lingkungan pesantren, dan mandiri dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pola mu'allimin yang berasaskan kepada sistem Kulliyatul Mu'allimin/Mu'allimat Al- Islamiyah di Pondok Modern Darussalam Gontor. Dari penelitian ini penulis berharap kepada seluruh penghuni Pondok Modern Darussalam Gontor Darussalam Gontor untuk senantiasa menjaga apa yang sudah dikhittohkan para trimurti kepada Gontor, maka jadilah penerus yang baik bukan menjadi sampah-sampah perjuangan. Dan kepada seluruh pesantren Indonesia untuk tetap menjaga nama baik pesantren melalui pengembangan pendidikan yang ada dalam pesantren dengan tetap menjaga tradisi pesantren sebagai lembaga pendidikan asli Indonesia. Dan kepada para pemerintah penenggungjawab sistem mu'adalah untuk menjadikan peraturan mu'adalah sebagai wadah untuk menyehatkan sistem pesantren bukan memasung sistem pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.300 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ernis wati
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:40
Last Modified: 27 Mar 2023 03:40
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2469

Actions (login required)

View Item View Item