Search for collections on UNIDA Gontor Repository

دور المعلم في ترقية دوافع التعلم لطلاب الفصل الأول في مادة التفسير بمهعد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي ۲۰۱۸- ۲۰۱۹

Failasufa, Zuhrufan (2019) دور المعلم في ترقية دوافع التعلم لطلاب الفصل الأول في مادة التفسير بمهعد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي ۲۰۱۸- ۲۰۱۹. Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text (COVER)
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (156kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (197kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (69kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (177kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text (BAB III)
6. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text (BAB V)
8. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)

Abstract

Pondok Modern Darussalam Gontor merupakan salah satu lembaga pendidikan dengan basis pesantren terbesar di Indonesia. Lembaga pendidikan yang menggunakan sistem Kulliyyatul Mu'allimin Al-Islamiyyah ini memberikan peran yang penting kepada guru untuk mendidik para santrinya di dalam kelas. Kelas 1 merupakan jenjang awal para santri dalam menempuh pendidikan di lembaga ini. Materi yang diajarkan pada jenjang ini menjadi dasar atau asas untuk pembelajaran materi materi pada jenjang selanjutnya. Maka sudah dipastikan bahwa usaha dan peran guru sangat dominan untuk menunjang kesuksesan dan untuk meningkatkan motivasi para santri pada jenjang ini. Terutama pada materi Tafsir. Karena di dalam pembelajarannya, materi ini memiliki sedikit perbedaan dengan materi Tafsir di jenjang selanjutnya dan membutuhkan usaha dan peran guru dalam mensukseskan pembelajaran materi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Usaha guru dalam meningkatkan motivasi belajar santri kelas 1 KMI pada materi Tafsir . 2) Metode pengajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran materi Tafsir kelas 1 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, untuk mendapatkan data yang diperlukan peneliti menggunakan tiga metode yaitu sebagai berikut: 1) Metode wawancara, metode ini digunakan untuk mendapatkan data tentang usaha dan peran guru untuk meningkatkan motivasi belajar santri kelas 1 KMI dalam pembelajaran materi Tafsir. 2) Metode observasi (pengamatan), metode ini digunakan untuk mendapat data tentang metode pengajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran materi Tafsir kelas 1 KMI. Metode dokumentasi, adapun metode ini digunakan untuk mendapatkan data-data tentang aspek historis tentang Pondok Modern Darussalam Gontor dan data-data yang berkaitan dengan penelitian. Sedangkan analisis data menggunakan Miles dan Huberman: yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, display/penyajian, kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: 1). Usaha guru dalam meningkatkan motivasi santri kelas 1 KMI dalam pembelajaran materi Tafsir dapat diketahui dengan memahami peran peran guru di dalam pembelajaran. Yaitu sebagai berikut; peran guru sebagai informator, organisator, motivator, inisiator, fasilitator, pengarah/director, dan evaluator. 2) Guru menggunakan beberapa metode pengajaran dalam pembelajaran materi Tafsir kelas 1 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor, yaitu; metode ceramah, inkuiri / penugasan, dan metode tanya jawab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.300 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ernis wati
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:26
Last Modified: 27 Mar 2023 03:26
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2493

Actions (login required)

View Item View Item