Search for collections on UNIDA Gontor Repository

إدارة الوقف ىف تنمية املؤسسة الرتبوية اإلسالمية )دراسة حالة مبعهد دار السالم كونتور فونوروكو سنة 2019)

Islami, Dodik Gilang (2020) إدارة الوقف ىف تنمية املؤسسة الرتبوية اإلسالمية )دراسة حالة مبعهد دار السالم كونتور فونوروكو سنة 2019). Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text (cover)
1. cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (140kB)
[img] Text (abstrak)
2. abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text (daftar isi)
3. daftar isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (583kB)
[img] Text (bab 1)
4. bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text (bab 2)
5. bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text (bab 3)
6. bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text (bab 4)
7. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text (refrensi)
8. refrensi.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (470kB)

Abstract

Abstrak Pengelolaan Wakaf Dalam Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Tahun 2019) Dodik Gilang Islami 35.2014.310.501 Pondok Modern Darussalam Gontor merupakan pondok yang berdiri di atas harta wakaf. Makna wakaf menurut Pondok Modern Darussalam Gontor adalah proses regenerasi kepemimpinan pondok dan sarana menjamin keberlangsungan tradisi, nilai- nilai dan kemandirian pendidikan. Pengelolaan wakaf dikemas dalam bentuk pendidikan terhadap santri, guru, pimpinan dan seluruh penghuni pondok. Tidak hanya itu, pondok dengan segala kemandiriannya menjadikan wakaf sebagai kemampuan dan sikap mental untuk menyelenggarakan pendidikan tanpa bergantung pada bantuan orang lain. Setelah melakukan pengamatan, peneliti mendapatkan bahwa lembaga pendidikan islam di pondok ini berkembang pesat hal inilah yang mendorong peneliti untuk mendapatkan gambaran yang nyata tentang pelaksanaan pengelolaan wakaf, dan apa pengaruh pengelolaan wakaf terhadap kemajuan lembaga pendidikan Islam disana dan sejauh manakah peranan itu. Tujuan dari skripsi yang ditulis oleh peneliti adalah untuk mendeskripsikan dua hal: yang pertama tentang metode pengelolaan wakaf di Pondok Modern Darussalam Gontor, dan yang kedua adalah tentang pengaruh pengelolaan tersebut dalam peningkatan pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor. Untuk mencapai tujuan diatas, penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran umum serta data-data tentang lembaga yang diteliti. Peneliti mengadakan observasi dan studi dokumentasi serta mengadakan wawancara. Dan dengan mengunakan methode deduktif penulis berusaha memaparkan tentang konsep wakaf serta peranannya terhadap peningkatan lembaga pendidikan Islam dan gambaran umum tentang Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo dan pelaksanaan wakaf di Pondok tersebut. Dan dengan menggunakan methode Induktif penulis berusaha mengambil kesimpulan dari pengelolaan Wakaf dan manfaat hasil Wakaf di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo dan dengan menggunakan methode Descriptive Qualitative Analisis, penulis berusaha menganalisis pengelolaan Wakaf terhadap peningkatan lembaga pendidikan Islam di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa cara pengelolaan harta kekayaan Wakaf dikoordinir oleh bagian yayasan perluasan dan pemeliharaan wakaf pondok (YPPWPM) dengan bantuan para guru, santri dan pekerja. Dan dari pengelolaan tersebut, menghasilkan peranan yang tak kalah pentingnya terhadap Peningkatan lembaga pendidikan Islam di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo khususnya di bidang pendidikan diantaranya untuk membangun asrama santri dan ruang belajar mengajar dan di bidang ekonomi diantaranya untuk perluasan tanah wakaf dan peningkatan kesejahteraan keluarga pondok. Demikianlah kiranya apa yang dapat penulis ungkapkan dalam permasalahan ini. Penulis telah berusaha untuk menyempurnakan pembahasan ini walaupun pembahasan ini masih sangat jauh dari kesempurnaan, dikarenakan keterbatasan kemampuan dari penulis. Dan akhirnya penulis berharap kepada para peneliti selanjutnya untuk meneliti permasalahan ini lebih sempurna lagi. Wallahu a'lam bisshowab. Kata Kunci: Wakaf, Pengelolaan Wakaf, Pondok Modern Darussalam Gontor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 2X0 – Islam Umum > 2X0 - Islam Umum
23rd Dewey Decimal Classification > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
23rd Dewey Decimal Classification > 2X6 - Masyarakat, Politik, Ekonomi, Organisasi, Kebudayaan, Perpustakaan, dan Adat Istiadat dalam Islam > 2X6.100 - Masyarakat Islam
23rd Dewey Decimal Classification > 2X6 - Masyarakat, Politik, Ekonomi, Organisasi, Kebudayaan, Perpustakaan, dan Adat Istiadat dalam Islam > 2X6.300 - Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
23rd Dewey Decimal Classification > 2X6 - Masyarakat, Politik, Ekonomi, Organisasi, Kebudayaan, Perpustakaan, dan Adat Istiadat dalam Islam > 2X6.600 - Organisasi Islam
23rd Dewey Decimal Classification > 2X6 - Masyarakat, Politik, Ekonomi, Organisasi, Kebudayaan, Perpustakaan, dan Adat Istiadat dalam Islam > 2X6.700 - Kebudayaan Islam
23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 330 - Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 330 - Ekonomi > 334 Koperasi, sistem perkoperasian
Divisions: Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Perbandingan Mazhab dan Hukum
Depositing User: ardhian ahmad syakuro
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:59
Last Modified: 27 Mar 2023 02:59
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2546

Actions (login required)

View Item View Item