Search for collections on UNIDA Gontor Repository

مفهوم روح المدرس عند منظور معهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة

Muhammad, Farhad (2019) مفهوم روح المدرس عند منظور معهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة. Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (200kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (218kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (72kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (189kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text (REFERENSI)
REF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)

Abstract

Guru merupakan salah satu instrumen penting dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran, guru juga sebagai pemeran penting dalam rangka tersampaikannya nilai-nilai mulia dan pelajaran kepada masing-masing siswa. Tapi pada akhir waktu ini tugas mulia yang diemban oleh guru tercoreng oleh kelakuan buruk dan tercela yang bersumber dari beberapa oknum guru. Pondok Modern Darussalam Gontor, merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki nilai-nilai tinggi dalam menjaga kehormatan guru dalam institusinya, yang dengannya guru-guru selalu berpedoman dengan nilai-nilai tersebut. Nilai Ruhul Mudarris inilah yang kemudian akan dibahas sehingga dapat menjadi solusi bagi degradasi nilai kehidupan dalam diri guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. Pengertian dari Ruhul Mudarris secara umum 2. Pengertian Ruhul Mudarris dalam perspektif Pondok Modern Darussalam Gontor, yang dengan memiliki pengetahuan akan Ruhul Mudarris ini bisa memberikan solusi atas masalah yang dihadapi oleh dunia pendidikan dalam hal ini adalah guru Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, untuk mendapatkan data yang diperlukan peneliti menggunakan tiga metode yaitu sebagai berikut: 1) Metode wawancara, metode ini digunakan untuk mendapatkan data Pengertian Ruhul Mudarris di Pondok Modern Darussalam Gontor. 2) Metode observasi (pengamatan), metode ini digunakan untuk mendapat data tentang penerapan Ruhul Mudarris di Pondok Modern Darussalam Gontor.3) Metode dokumentasi, adapun metode ini digunakan untuk mendapatkan data-data tentang aspek historis tentang Pondok Modern Darussalam Gontor dan data-data yang berkaitan dengan penelitian. Sedangkan analisis data menggunakan Miles dan Huberman: yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, display/penyajian, kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Ruhul Mudarris adalah: 1) Akumulasi dari tanggungjawab seorang guru yang mendorong dirinya sendiri untuk menjadi pribadi yang sempurna, dan proses menuju kesempurnaan muncul wibawa dalam dirinya karena proses yang panjang tadi. 2) Pengertian Ruhul Mudarris menurut Pondok Modern Darussalam Gontor adalah keterpanggilang guru oleh segala yang melingkupinya untuk menjadi seorang guru yang sempurna, dan awal dari pada semuanya adalah niat guru tersebut, sehingga ketika niat itu benar, maka benarlah keinginannya, dan apabila keinginannya benar maka pribadi guru itu juga menjadi benar, dan ketika dirinya sudah benar maka segala perilaku darinya yang berbentuk pekerjaan, ucapan dan budi pekerti juga menjadi benar, dan hal inilah yang dapat memperbaiki murid menuju kondisi atau keadaan yang lebih baik Berangkat dari pentingnya pendidikan dan pembelajaran yang benar bagi para siswa, maka pemahaman guru dan penguasaanya akan Ruhul Mudarris sangat diperlukan, yang dalam hal ini peneliti menganjurkan para guru untuk memulai introspeksi dirinya masing- masing sehingga apa yang bersumber darinya untuk siswa adalah hal-hal baik dan berguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: febriana maghfiroh
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:28
Last Modified: 27 Mar 2023 02:28
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2615

Actions (login required)

View Item View Item