Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تنفيذ التوجيه والإرشاد في المدرسة المتوسطة الحكومية الأولى بسامبيت فونوروكو

ahmad, abd rohim (2004) تنفيذ التوجيه والإرشاد في المدرسة المتوسطة الحكومية الأولى بسامبيت فونوروكو. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] Text (cover)
1 cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (266kB)
[img] Text (abstrak)
2 abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text (daftar isi)
3 daftar isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text (bab 1)
4 bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (821kB)
[img] Text (bab 2)
5 bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text (bab 3)
6 bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (694kB)
[img] Text (bab 4)
7 bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text (bab 5)
8 bab 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (398kB)
[img] Text (refrensi)
9 refrensi.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (474kB)

Abstract

Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan yang formal, yang diselenggarakan dengan sengaja untuk membantu siswa-siswinya dalam mencapai derajat kedewasaannya. Bimbingan dan Penyuluhan merupakan suatu lembaga yang ada di sekolah, yang membantu sekolah dalam pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. Sal.ah satu kegiatan pendukung proses belajar mengajar ialah dilaksanakannaya program Bimbingan dan Penyuluhan. Mayoritas para murid menganggap bahwa Bimbingan dan Penyuluhan merupakan suatu lembaga yang menakutkan sehingga mereka tidak dapat memanfaat.lcan lembaga tersebut sebaik mungkin dan untuk mengetahui pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan tersebut, maka penulis mengankat judul ini sebagai sebuah judul Skripsi. Adapun. tujuan dari penulisan skripsi ini: 1 ). untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program Bimbingan dan Penyuluhan yang ada di sekolah SL TPN 1 Sambit Ponorogo. 2).Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dalam terlaksananya Bimbingan dan Penyuluhan di SLTPNlSambit Ponorogo.3).Untuk mengetahui sampai sejauh mana keikutsertaan para pembimbing dalam peiaksanaan Bimbingan dan Penyuluha.ri tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penulis menyusun skripsi ini dengan menggunakan. berbagai metode, yaitu dengan menggunakan metode observasi, dengan metode ini penulis memperoleh gambaran umum tentang SL TPN 1 Sambit serta lingkungannya. Metode wawancara dengan Kepala Sekolah dan Konselor maka dengan metode ini penulis mengetahui pelaksanaan bimbingan Penyuluhan dan jenis-jenis bimbingan serta tujuannya. Kemudian dengan menggunakan Metode documenter, dengan metode ini penulis memperoleh sejarah SLTPN 1 Sambit, keadan murid dan guru, serta kegiatan pendidikan, pengajarannya. Dari data yang telah terkumpul penulis menganalisis secara deductive dan Inductive dengan penyajian secara descriptive analytic. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama: Pelaksanaan dan tujuan Bimbingan dan Penyuluhan di SL TPN I Sambit telah dilaksanakan sesuai dengan buku petunjuk Bimbingan dan Penyuluhan Departemen Pendidikan Nasional. Kedua: Adanya hubungan kerja sama yang sangat erat antara Pembimbing sekolah dalam membimbing murid - muridnya. Ketiga: Kepala sekolah, guru, wali kelas dan Pembimbing merupakan faktor suksesnya pelaksanaan bimbingan Penyuluhan di sekolah SLTPN 1 Sambit. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada Sekolah agar lebih memperhatikan kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan, dan diharapkan kepada para pembimbing juga para Guru agar dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan teori Bimbingan dan Penyuluhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:10
Last Modified: 28 Aug 2023 02:10
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2894

Actions (login required)

View Item View Item