Search for collections on UNIDA Gontor Repository

إنجاز تعلم اللغة العربية ودرس التفسير لطلبة الصف السادس بتربية المعلمين والمعلمات بمعهد دار المجاهدة بروبوك مرغاساري تغال للسنة الدراسية ٢٠٠٣-٢٠٠٤ دراسة تلازمية

sulthoni, sulthoni (2003) إنجاز تعلم اللغة العربية ودرس التفسير لطلبة الصف السادس بتربية المعلمين والمعلمات بمعهد دار المجاهدة بروبوك مرغاساري تغال للسنة الدراسية ٢٠٠٣-٢٠٠٤ دراسة تلازمية. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] Text (cover)
1 cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (263kB)
[img] Text (abstrak)
2 abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (774kB)
[img] Text (daftar isi)
3 daftar isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (129kB)
[img] Text (bab 1)
4 bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (700kB)
[img] Text (bab 3)
5 bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text (bab 3)
6 bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (580kB)
[img] Text (bab 4)
7 bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text (refrensi)
9 refrensi.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (138kB)

Abstract

13ahasa Arab adalah merupakan ilmu yang sangat penting bagi umat Islam untuk memahami ajaran islam, karena sumber-sumber agama Islam seperti Al­qur'an, Hadits, dan sduruh literatur klasik keislaman berbahasa arab. TM! Pon­Pes Darul Mujahadah mcrupakan salah satu lembaga pendidikan islam yang mengajarkan bahasa arab dan pendidikan agama terutama materi Tafsir dengan tujuan memperluas dan memperdalam pemahaman terhadap nilai yang terkandung didalamnya sehingga para santri tidak mengalami berbagai macam kesesatan dan kebatilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada atau tidaknya hubungan antara prestasi belajar Bahasa Arab dengan prestasi belajar materi Tafsir santri kelas VI TMI Pon-Pcs Darul Mujahadah Prupuk Margasari Tega! tahun ajaran 2003-2004. Untuk rnencapai tujuan tersebut digunakan metode Observasi, Interview, dan Dokumentasi untuk mendapatkan data tentang hal-hal yang berhubungan dengan Pon-Pes Darul Mujahadah dan uji statistik korelasi Product Moment untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan tersebut. Populasi penelitian ini adalah semua santri kelas VI TMI Pon-Pes Darul Mujahadah Prupuk Margasari Tega) tahun ajaran 2003-2004 yang berjumlah 30 sampel. Dan sampelnya pada penelitian tersebut adalah semua kelas VI . Dari hasil analisa statistik dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar Bahasa Arab dengan prestasi belajar materi Tafsir santri kelas VI TMI Pon-Pes Darul Mujahadah Prupuk Margasari Tegal tahun ajaran 2003-2004. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan agar pihak TMI Pon-Pes Darul Mujahadah berusaha untuk menjadikan para santrinya senang belajar Bahasa Arab dan materi Tafsir. Dan bagi para pengajar Bahasa Arab agar selalu meningkatkan dan memperbanyak perhatiannya pada pelajarannya dan mendisiplin para santri untuk selalu berbicara dengan Bahasa Arab dimana saja, baik ketika belajar di kelas maupun di asrama. Dan bagi peneliti lain hendaknya dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan penelitian lanjutan yang lebih mendalarn.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 - Filsafat > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat
23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.300 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:34
Last Modified: 28 Aug 2023 02:34
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2895

Actions (login required)

View Item View Item