Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تأثير اهتمام الوالدين فى إنجاز تعلم دروس التربية الاسلامية لطلبة السنة الثالثة بالمدرسة المتوسطة الحكومية الأولى مانتنجان نجاوى جاوى الشرقية

zakiah, nana (2004) تأثير اهتمام الوالدين فى إنجاز تعلم دروس التربية الاسلامية لطلبة السنة الثالثة بالمدرسة المتوسطة الحكومية الأولى مانتنجان نجاوى جاوى الشرقية. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] Text (cover)
1 cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (34kB)
[img] Text (abstrak)
2 abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (202kB)
[img] Text (daftar isi)
3 daftar isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (140kB)
[img] Text (bab 1)
4 bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (532kB)
[img] Text (bab 2)
5 bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (882kB)
[img] Text (bab 3)
6 bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text (bab 4)
7 bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (580kB)
[img] Text (bab 5)
8 bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (108kB)
[img] Text (refrensi)
8 refrensi.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (101kB)

Abstract

Orang tua adalah guru yang pertama bagi seorang anak yang selalu dianut dan diikuti segala gerak geriknya mulai dari cara berbicara, -kebiasaan-kebiasaan dan apa saja yang dapat ditangkap oleh panca indera anak. SL TPN I Mantingan adalah salah satu Lembaga pendidikan dibawah naungan Depdiknas yang berada di Ngawi. Sekolah ini sangat memperhatikan pendidikan agama Islam yang meliputi mata pelajaran tentang keimanan, ibadah, Al-qur'an,akhlak,mu'amalah dan syari'at, dengan harapan para siswa mampu membentuk pribadinya dan berprilaku sosial dengan baik. Setelah peneliti mengadakan wawancara dengan guru Pendidikan agama Islam tentang basil prestasi belajar siswa kelas ill tahun ini, bahwa nilai Pendidikan Agama Islam lebih rendah dari pada nilai mata pelajaran umumnya. Menurut beliau salah satu sebab dari penururan nilai PAI ini adalah kurangnya perhatian orang tua terhadap pendidikan agama Islam anak. Tujuan penelitian ini terdiri dari: I) Untuk mengetahui perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas ill SLTPN I Mantingan tahun ajaran 2004-2005.2)Untuk mengetahui prestasi belajar PAI siswa kelas ill SLTPN I Mantingap. tahun ajaran 2004-2005.3)Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas ill SLTPN I Mantingan tahun ajaran 2004-2005 Untuk mencapai tujuan tersebut dalam pengambilan data digunakan empat metode yaitu I) Metode observasi untuk keadaan lingkungan sekolah dan kegiatan belajar mengajar. 2) Metode wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang sejarah berdirinya SLTPN I Mantingan, letak geografis dan kegiatan-kegiatan siswa. 3) Metode angket yang digunakan untuk memperoleh data tentang pengaruh orang tua terhadap prestasi _belajar pendidikan agama Islam siswa kelas ill SLTPN I Mantingan Ngawi. 4) Metode dokumentasi untuk memperoleh data prestasi belajar siswa kelas ill dari nama-nama siswa serta gurunya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas ID SLTP Negeri I Mantingan Kgawi yang berjumlah 287 siswa, sedangkan sampel adalah Sampel Random Sampling berjumlah 40 siswa, dan tehnik analisa data menggunakan metode Statistik dengan rumus "Korelasi koe:fisien Kontingensi 11• Hasil penelitian ini menyatakan bahwa perhatian orang tua terhadap murid adalah tinggi sedangkan prestasi belajar PAI siswa kelas III STPN I Mantingan tahun ajaran 2004-2005 rendah jadi tidak ada pengaruh antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PAI .Kesimpulan ini didasarkan pada hasil analisa korel_asi koefisien kontingensi nilai yang dicapai 0,287 lebih kecil dari pada 0.304 pada table kritik r product moment hal ini berarti hipotesa ditolak. Dari hasil penelitian perlu disarankan kepada guru materi pendidikan agama Islam berusaha meningkatkan pengajaran pendidikan agama Islam dan perlu adanya kerjasama antara sekolah dan orang tua murid dalam meningkatkan prestasi belajar anak khususnya materi pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.300 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:59
Last Modified: 28 Aug 2023 02:59
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2898

Actions (login required)

View Item View Item