PENGARUH PENGUASAAN MATERI MUTHALA’AH TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS 3 INTENSIF KULLIYATUL MU’ALLIMIN ALISLAMIYAH PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 2 MADUSARI SIMAN PONOROGO TAHUN AJARAN 1437-1438 H

Bowo Wicaksono, Eko (2017) PENGARUH PENGUASAAN MATERI MUTHALA’AH TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS 3 INTENSIF KULLIYATUL MU’ALLIMIN ALISLAMIYAH PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 2 MADUSARI SIMAN PONOROGO TAHUN AJARAN 1437-1438 H. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
341211226-Full Skripsi-Eko Bowo Wicaksono.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 adalah salah satu Lembaga Pendidikan Islami yang memegang erat disiplin bahasa. Di dalamnya diajarkan banyak pelajaran berbahasa Arab, diantaranya adalah Muthola’ah. Pelajaran Muthola’ah yang efektif dapat membantu penyampaian pemikiran (ta’bir) siswa yang baik, dan tata bahasa (uslub) yang bermacam-macam. Namun ternyata siswa kelas 3 intensif belum menguasai materi Muthola’ah dengan baik untuk diterapkan dalam berbicara, sedangkan mereka telah memasuki masa pembelajaran Muthola’ah selama 2 tahun. Tujuan penelitian dalam pembahasan ini adalah untuk: (1) Mengetahui kemampuan siswa kelas 3 Intensif KMI gontor kampus 2 dalam penguasaan mater Muthala’ah (2) Mengetahui kemampuan siswa kelas 3 Intensif KMI gontor kampus 2 dalam kemampuan berbicara (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan dalam penguasaan materi Muthala’ah terhadap kemampuan berbicara siswa kelas 3 Intensif Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 Siman Madusari Ponorogo Jawa Timur Tahun Ajaran: 1437-1438 H. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif, Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas 3 Intensif KMI gontor kampus 2 yang berjumlah 75 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : (1) Hasil Ujian, untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa kelas 3 Intensif KMI gontor kampus 2. (2). Dokumentasi, untuk mendapatkan data nilai prestasi belajar dalam pelajaran muthola’ah kelas kelas 3 Intensif KMI serta untuk mendapatkan data-data tentang gambaran Pondok secara umum. Adapun analisis datanya menggunakan teknik korelasi product moment dengan taraf signifikasi 5% atau 1% dengan derajat kebebasan (df) 73. Dari analisis dapat diketahui hasil penelitian adalah: (1) Penguasaan materi muthola’ah siswa kelas 3 Intensif KMI Gontor kampus 2 tahun ajaran: 1437-1438 adalah baik dengan nilai 5,58. (2) Kemampuan berbicara siswa kelas 3 Intensif KMI Gontor kampus 2 tahun ajaran: 1437-1438 adalah baik sekali dengan nilai 7,01. (3) Ada pengaruh signifikan antara penguasaan materi Muthola’ah dan kemampuan berbicara siswa kelas 3 Intensif KMI Gontor kampus 2 tahun ajaran: 1437-1438, hal ini di tunjukkan dengan nilai 0,851 lebih besar dari pada nilai “r” dalam tabel 5% dan 1% yaitu 0,232 dan 0,302. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, diharapkan kepada (1) bapak direktur KMI untuk memperhatikan, meningkatkan pengajaran materi mutholaah dan kemampuan berbicara untuk kelas 3 intensif kususnya, dikarnakan materi muthola’ah mempengaruhi kemampuan berbicara dan pelajaran bahasa arab lainnya, (2) Untuk pengajar agar lebih semangat disaat mengajar muthola’ah kelas 3 Intensif sehingga menguasai materi dengan baik, (3) Untuk setiap wali kelas agar lebih memperhatikan siswa dalam peningkatan kemampuan berbicara khusunya pada saat pembelajaran muthola’ah agar terciptanya lingkungan berbahasa yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 03 Nov 2020 01:34
Last Modified: 03 Nov 2020 01:34
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/416

Actions (login required)

View Item View Item