دوافع الطلاب فى انضمام الفريق الخاص للحركة الكشفية بمعهد دار السلام كونتور الحرم الثاني للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي ه. 1439 – 1438

Rifansyah, Rizki (2019) دوافع الطلاب فى انضمام الفريق الخاص للحركة الكشفية بمعهد دار السلام كونتور الحرم الثاني للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي ه. 1439 – 1438. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
RIZKI RIFANSYAH FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepramukaan merupakan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh seluruh santri PMDG. Suka maupun tidak, setiap anak dituntut untuk berkecimpung dalam kegiatanini yang dilaksanakan pada hari Kamis setelah shalat dhuhur atau pada jam 2 siang sampai mendekati shalat ashar. Kepramukaan mendidik segala aspek kehidupan, mulai dari kemandirian, keteladanan, keterampilan, dan kebersamaan. Pramuka adalah salah satu sarana hiburan untuk para santri. Bermain sambil belajar adalah ciri khas yang terdapat di Pramuka. Apa yang mendorong para santri berkeinginan untuk bergabung pada pasukan khusus. Dan Anggota pasukan khusus dibawah bimbingan coordinator, yang selalu diarahkan, agar tidak keluar dari nilai-nilai pondok modern Darussalam gontor Kampus 2.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) motivasi eksternal santri menjadi anggota pasukan khusus pramuka di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 Madusari-Siman-Ponorogo Tahun Ajaran 1438-1439H, dan (2) motivasi internal santri menjadi anggota pasukan khusus pramuka di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 Madusari-Siman-Ponorogo Tahun Ajaran 1438-1439H.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang pengumpulan datanya dengan menggunakan beberapa teknik, yaitu: (1) wawancara, (2) dokumentasi, (3) observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif untuk menggambarkan tentang kegiatan kepramukaan di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 dilanjutkan dengan analisis data dengan beberapa teknik, yaitu: (1) deskriptif kualitatif, (2) analisis isi, (3) analisis taksonomi untuk mengetahui motivasi siswa menjadi anggota pasukan khusus pramuka di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 Madusari-Siman-Ponorogo Tahun Ajaran 1438-1439H.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) motivasi eksternal menjadi anggota pasukan khusus pramuka membuat anggota memiliki banyak teman, persatuan dengan teman-temannya sangat akrab. Diajarkan ilmu kepemimpinan dan pengetahuan dan pengalaman yang diajarkan dalam kepramukaan. (2) motivasi internal menjadi anggota pasukan khusus pramuka karena dalam kegiatan kepramukaan mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan mengenai kepramukaan, banyak ilmu yang didapatkan menjadi anggota pasukan khusus contohnya morse yang diajarkan dalam kepramukaan. Berdasarkan penelitian awal yang singkat ini, penulis berharap kepada: (1). Majlis Pembimbing Koordinator Harian dan pengurus gerakan pramuka (koordinator gerakan pramuka) di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 untuk merencanakan program-program dan perhatian untuk kegiatan kepramukaan, (2). Kami berharap kepada seluruh adika pramuka untuk memperhatikan dan meningkatkan diri dalam kegiatan kepramukaan dan mengambil manfaat yang sebanyak-banyaknya di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 05 Nov 2020 13:29
Last Modified: 05 Nov 2020 13:29
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/761

Actions (login required)

View Item View Item