Search for collections on UNIDA Gontor Repository

Eksistensi Pendidikan Karakter di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I Selama Pandemi Covid-19

M. Muslih, Muslih and Muthmainnah Choliq, Choliq and Ida Susilowati, Ida and Moh. Rofiq, Rofiq (2021) Eksistensi Pendidikan Karakter di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I Selama Pandemi Covid-19. Tsaqafah, Jurnal Peradaban Islam, 17 (1). pp. 26-38. ISSN pISSN: 1411-0334 | eISSN: 2460-0008

[img] Text (Teks Jurnal)
3.1. Eksistensi Pendidikan Karakter di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I Selama Pandemi Covid-19.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (621kB)
[img] Text (Peer review)
3.2. Peer Review Eksistensi Pendidikan Karakter di Pondok Modern.pdf

Download (652kB)
[img] Text (Plagiarism check)
3.3. Plagiarism check Eksistensi Pendidikan Karakter di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I Selama Pandemi Covid-19.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Pandemi Covid-19 telah menghambat proses pembentukan karakter dan berdampak pada dekadensi moral siswa di sekolah. Minimnya pantauan kompenen pendidik dalam sistem online, menimbulkan penurunan karakter peserta didik. Hal itu disebabkan kurangnya keteladanan dalam berpikir, bersikap, berbicara, dan bertindak yang didapat oleh siswa. Pendidikan karakter penting ditanamkan pada siswa agar memiliki karakter yang berlandaskan nilai-nilai agama seperti di lembaga pesantren. Penelitian ini bertujuan mengkaji eksistensi pesantren dalam menerapkan pendidikan karakter di era pandemi dengan objek Pondok Modern arussalam Gontor Putri 1 Mantingan Ngawi Jawa Timur. Penelitian ini adalah studi pustaka dengan jenis penelitian yang digunakan kualitatif, sedangkan metodenya deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Putri 1 di Mantingan, merupakan lembaga pendidikan yang mampu menunjukkan eksistensinya dalam mengimplementasikan pendidikan karakter meskipun di era pandemi. Hal tersebut terlihat dari efektifitas sistem asrama yang dapat mendukung pembelajaran tatap muka sebagai upaya internalisasi pendidikan karakter di pesantren. Hal tersebut dapat dicapai dengan penerapan disiplin protokol kesehatan di lingkungan pesantren sebelum dimulai pembelajaran tatap muka (PTM). Selain itu didukung pula dengan berbagai disiplin pesantren seperti melarang siswa keluar kampus kecuali dalam kondisi sangat darurat dan didampingi oleh petugas khusus. Kata Kunci: PMDG Putri 1, Pendidikan Karakter, Pandemi Covid 19, Pembelajaran Daring, Tujuan Pendidikan.

Item Type: Article
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Humaniora UNIDA Gontor > Hubungan Internasional
Depositing User: SR Ida Susilowati
Date Deposited: 10 Jun 2022 08:23
Last Modified: 26 Mar 2024 07:08
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/1438

Actions (login required)

View Item View Item