Search for collections on UNIDA Gontor Repository

Model Pendidikan Agama Islam Dalam Rehabilitasi Mental Di Pondok Pesantren Muslim AI-Hidayah Metal Pasuruan 2007-2008

sidik, Nur (2008) Model Pendidikan Agama Islam Dalam Rehabilitasi Mental Di Pondok Pesantren Muslim AI-Hidayah Metal Pasuruan 2007-2008. S1 Undergraduate thesis, universitas darussalam gontor.

[img] FILE TEXT (COVER)
1 cover.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (25kB)
[img] FILE TEXT (ABSTRAK)
2 abstrak.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (766kB)
[img] FILE TEXT (DAFTAR ISI)
3 daftar isi.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (164kB)
[img] FILE TEXT (BAB 1)
4 bab 1.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (534kB)
[img] FILE TEXT (BAB 2)
5 bab 2.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (739kB)
[img] FILE TEXT (BAB 3)
6 bab 3.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] FILE TEXT (BAB 4)
7 bab 4.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (81kB)
[img] FILE TEXT (REFRENSI)
8 refrensi.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (148kB)

Abstract

Minimnya nilai-nilai religi yang jauh dari norma agama pada remaja menyeret pada krisis mental dengan pelarian pada obat-obatan dan psikotropika Kekosongan spiritual, kerohanian dan rasa keagamaan inilah yang menimbulkan permasalahan psiko­sosial dibidang kesehatan jiwa. Disinilah peran serta Pendidikan Islam sangat dibutuhkan. Pendidikan Islam adalah pendidikan manusia seutuhnya, aka! hatinya, rohani dan jasmaninya, akhlak dan ketrampilannya Pendidikan Islam adalah suatu proses pembentukan individu-individu berdasarkan ajaran agama Islam, supaya ia mampu menunaikan fungsinya sebagai khalifah dimuka bumi ini dengan mewujudkan kebahagiaan dunia dan akherat. Salah satu dari sekian lembaga pendidikan adalah Pondok Pesantren Metal Pasuruan, yang sebagian besar para santrinya merupakan korban dari psikotropika dengan metode penyembuhan melalui pendekatan agama berupa psikoterapi agama. Penelitian ini ingin mengkaji tentang pelaksanaan metode Pendidikan Agama Islam yang digunakan Pondok Pesantren Metal dalam rehabilitasi mental. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif, yang pengumpulan datanya dilakukan dengan beberapa teknik yaitu: (1) Wawancara, (2) Observasi dan (3) Dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskritif untuk menggambarkan tentang keadaan Pondok Pesantren Mental, dilanjutkan dengan analisis Model Alir dari Miles dan Huberman (1984) yang mencangkup 3 langkah dalam penelitian, yaitu: Reduksi data, display/penyajian data dan kesimpulan/verivikasi untuk menarik kesimpulan tentang model metode pendidikan yang digunakan Pondok Pesantren Metal dalam rehabilitasi mental. Hasil penelitian menunjukan bahwa pesantren ini dalam membina santrinya, tidak menggunakan kurikulum dan sistem kelas yang berjenjang seperti model madrasah umumnya. Adapun model pendidikan Islam yang ada di Pondok Pesantren Metal ini dengan pembersihan diri dengan sholat, pendidikan akhlak dengan pembacaan kitab Tafsir Jalalain dan Durrotun Nasihin, pendidikan dengan uswatun dan moidzotul hasanah, pendidikan kekeluargaan dan kemasyarakatan, pendidikan dengan ketrampilan dan pendidikan dengan peningkatkan kesehatan jasmaniah. Sedangkan metode pembinaan dalam rehabilitasi mental dengan metode studi kasus, pembiasaan dengan sholat jama'ah, membaca al-Qur'an, pembacaan wirid, pembacaan kitab kuning dan metode kebebasan dengan pendekatan pembersihan ruhaniyah danjasmaniah. Berdasarkan penelitian tersebut peneliti menyarankan: I) perlunya meningkatkan manajement yang profesional serta kurikulum yang baku sesuai dengan standar pendidikan madrasah dengan menyeimbangkan kesehatan jasmani dan rohani yang berhubungan dengan proses penyembuhan rehabilitasi mental. 2) Perlunya memberikan beberapa bengkel kerja kepada santri dengan menambah beberapa fasilitas pondok. 3) Dan yang terakhfr adalah perlunya peningkatan kedisiplinan santri baik dalam mengikuti kegiatan pondok atau kedisiplinan santri dalam perizinan dalam meninggalkan pondok. Semoga penelitian ini berrnanfaat dan mendapat ridho Allah SWT.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.300 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 06 May 2023 03:38
Last Modified: 06 May 2023 03:38
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2149

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item