Nafisah, Sayidah (2019) تنفيذ إدارة المنهج الدراسي لترقية نوعيّة التربية بكلية المعلمات الإسلامية معهد دار السلام كونتور للبنات الحرم الثالث للتربية الإسلامية الحديثة كارنج بنيوا غاوي جاوى الشرقية العام الدراسي ١٤٣٩ - ٢٠١٨/١٤٤٠-٢٠١٩ بحث جامعي. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (COVER)
1. COVER.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (179kB) |
|
FILE TEXT (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (213kB) |
|
FILE TEXT (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (195kB) |
|
FILE TEXT (BAB I)
4. BAB I.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (272kB) |
|
FILE TEXT (BAB II)
5. BAB II.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (298kB) |
|
FILE TEXT (BAB III)
6. BAB III.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (262kB) |
|
FILE TEXT (BAB IV)
7. BAB IV.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (403kB) |
|
FILE TEXT (BAB V)
8. BAB V.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (136kB) |
|
FILE TEXT (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (209kB) |
Abstract
Dalam bidang pendidikan, perananan manajeman sangatlah penting untuk menilai kualitas suatu lembaga pendidikan, salah satu aspek yang mendukung dalam peningkatan mutu pendidikan adalah pengelolaan manajemen kurikulum yang baik. Manajemen kurikulum merupakan kegiatan pengaturan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi sehingga program dalam pendidikan dapat berjalan dengan baik dan mencapai sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Dalam suatu lembaga pendidikan khususnya yang berbentuk dan jiwa pesantren akan menanamkan suatu sistem sebagai pondasi untuk meningkatkan dan mengembangkan proses pendidikan agar dapat mencapai tujuan yaitu salah satunya dengan pengelolaan manajemen kurikulum. Melihat beberapa masalah yang terjadi dalam pengelolaan manajemen kurikulum di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 maka peneliti akan membahas tentang Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui dan menganalisis implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kulliyatul Mualimat Al-Islamiyah Pondok Modem Darussalam Gontor Putri Kampus 3 Tahun Ajaran 1439/1440 2. Untuk mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan manajemen kurikulum di Kulliyatul Mualimat Al-Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 Tahun Ajaran 1439/1440. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kualitatif. Dan untuk pengumpulan data penelitian ini, peneliti menggunakan 3 metode, yaitu: Metode Wawancara, Metode Observasi, dan Metode Dokumentasi. Dan untuk analisis data, peneliti menggunakan analisis Miles dan Huberman yang meliputi 3 langkah: 1. Pengumpulan Data 2) Penyajian Data 3) Kesimpulan. Hasil analisis yang ditemukan oleh peneliti menunjukan bahwa. 1.Penerapan manajemen kurikulum di Gontor Putri Kampus 3 berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang direncanakan dengan meliputi kegiatan: 1) Perencanaan, 2) Pengorganisasian, 3) Pelaksanaan, 4) Evaluasi. Kurikulum yang diterapkan adalah totalitas kehidupan yang menggunakan dirosah islamiyah dengan pola mualimat, yang menyeimbangkan ilmu pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan umum. Adapun permasalahan dalam manajemen kurikulum adalah Banyaknya buku-buku lama yang belum di revisi berada di tangan peserta didik. Adanya revisi buku dalam materi dinul islam kelas 4, akan tetapi sebagian peserta didik belum mendapatkan buku revisi, kecuali para guru, Alokasi waktu pertemuan yang kurang dalam materi fiqh untuk kelas lima dan enam dan pelajaran mantiq kelas 6, Masih ditemukan banyak kesalahan dalam penulisan ayat-ayat Al-Qur'an dan penulisan materi talfidz seperti Mahfudzot, Hadits dan Tafsir. Dengan masalah yang ditemukan maka adanya progam unggulan dalam meninngkatkan mutu pendidikan yaitu, mengadakan pemeriksaan buku kepada peserta didik dan menganjurkan membeli buku jika ada buku yang mengalami perbaikan, memfotocopy lembaran-lembaran yang ada perbaikan dan menyebarkannya ke peserta didik, Mengatur strategi dalam penyampaian materi yaitu dengan belajar tambahan di luar kelas dan pembahasan materi, Mengadakan usbu kitabatul nushus dalam setiap angkatan. 2. Faktor pendukungnya adalah kurikulum yang tidak mengalami perubahan dan konsisten dengan sistem dan Guru yang selama 24 jam bersama peserta didik. Faktor penghambatnya adalah adanya revisi buku akan tetapi masih banyak buku lama yang ditemukan ditangan para peserta didik, dan beberapa guru yang kurang dalam pemahaman terhadap proses kegiatan belajar mengajar dan dalam penerapan manajemen kurikulum. Dari Penelitian tersebut peneliti memberi saran kepada Staf KMI untuk lebih meningkatkan efektifitas manajemen kurikulum, agar mutu pendidikan dapat lebih meningkat dan unggul dalam bidang pendidikan.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ernis wati |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 04:06 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 04:06 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2449 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |