Annisa, Vieke Rahma Nur (2019) تنفيذ التربية الشخصية من مسؤولية المناطق إلى طالبات السنة الرابعة لعضواتهن في نفس المرحلة بمعهد دار السلام كونتور للبنات الحرم الثاني بيسامبيريجو مانتينجان نجاوي جاوى الشرقية العام الدراسي 1440-1439هـ / ٢٠١٨ - ٢٠١٩م. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (COVER)
1. COVER.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (185kB) |
|
FILE TEXT (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (242kB) |
|
FILE TEXT (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (94kB) |
|
FILE TEXT (BAB I)
4. BAB I.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (193kB) |
|
FILE TEXT (BAB II)
5. BAB II.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (250kB) |
|
FILE TEXT (BAB III)
6. BAB III.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (182kB) |
|
FILE TEXT (BAB IV)
7. BAB IV.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (259kB) |
|
FILE TEXT (BAB V)
8. BAB V.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (88kB) |
|
FILE TEXT (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (214kB) |
Abstract
Salah satu permasalahan yang menimpa umat dan bangsa adalah krisis kepemimpinan, akibatnya umat berada dalam kebingungan yang seolah tiada berujung karena tidak ada yang bisa menjadi rujukan (referensi), tauladan dan panutan. Di sisi lain, bangsa energi yang besar, tapi itu hanya manajemen yang baik. Kepemimpinan memiliki peran penting untuk bermain dalam membentuk kepemimpinan dan pola pikir masyarakat, termasuk peningkatan kualitas bangsa-bangsa dan pemuda hari ini di masa depan. Salah satunya adanya organisasi pengurus asrama kelas 4 di Gontor Putri kampus 2 karena mereka merasakan sulitnya untuk mendidik karakter anggota mereka yang seangkatan, mereka juga merasa tidak enak dalam mendidik mereka di rayon karena seangkatan. Maka dari itu butuh adanya keterampilan dalam mendidik, dan manajemen kepemimpinan yang baik. Adapun Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter pengurus asrama terhadap karakter teman seangkatan di Gontor Putri kampus 2, (2) untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam menerapkan kepemimpinan pengurus asrama kelas 4 dalam mendidik karakter teman seangkatan di Gontor Putri Kampus 2 Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif, Pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan 3 Metode yaitu metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Untuk analisis data, peneliti menggunakan analisis Miles dan Huberman yang meliputi 3 Langkah : 1) Pengumpulan Data 2) Penyajian Data 3) Kesimpulan. Hasil analisis yang ditemukan oleh peneliti menunjukkan bahwa (1) implementasi pendidikan pengurus asrama kelas 4 dengan cara Bimbingan atau pengarahan, pelatihan berhubungan dengan baik, pembiasaan, pemahaman dan menjadi contoh (tauladan) yang baik.(2) adanya faktor Pendorong terlaksananya kepemimpinan pengurus asrama kelas 4 di pondok modern Darussalam Gontor Putri 2 dalam pembentukan pendidikan karakter adalah dengan : a) adanya sistem asrama santriwati yang optimal, b) peraturan pondok yang ditegakkan, c) nilai-nilai filsafat dan kepesantrenan yang senantiasa ditanamkan, d) pelajaran dan pengajaran yang berbasis islam, e) adanya pengajar dan pembimbing asrama, f) kerja sama yang baik antara pendidik, yang membantu mereka melaksanakan tanggung jawab mereka. dan faktor-faktor penghambat dalam implementasi ini adalah :a) pelanggaran peraturan pondok, b) meremehkan dalam menjalankan peraturan dan tanggung jawab, c) pengabaian kinerja sistem dan tugas, d) kurangnya pemahaman siswa tentang nilai-nilai, peraturan pondok, e) kurangnya pemahaman mereka tentang tugas pengurus asrama, f) adanya siswi mempunyai masalah di rumah mereka dan masalah ekonomi, g) bermasalah dalam berhubungan satu sama lain, h) karakter dari beberapa siswa yang kurang. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada (1) santriwati Gontor Putri Kampus 2 agar lebih baik karakternya, untuk menjadi contoh bagi yang lain,(3) para asatid dan asatidah serta pembimbing rayon di Gontor Putri Kampus 2 untuk memperhatikan dengan perhatian yang baik kepada pengurus rayon kelas 4 dan 3 Intensive, karena pengarahan dan bimbingan merupakan salah satu faktor tercapainya suatu keberhasilan dalam keorganisasian rayon.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.300 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ernis wati |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 03:40 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 03:40 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2471 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |