Al Arif, M Makruf (2020) تأثير الأسوة الحسنة للمعلمين نحو أخلاق طلاب الفصل الرابع (بحث ميداني بكلية المعلمين الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية (الحديثة العام الدراسي: ١٤٤٠-١٤٤١ هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (cover)
1. cover.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (190kB) |
|
FILE TEXT (abstrak)
2. abstrak.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
FILE TEXT (daftar isi)
3. daftar isi.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (214kB) |
|
FILE TEXT (bab 1)
4. bab 1.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
FILE TEXT (bab 2)
5. bab 2.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
FILE TEXT (bab 3)
6. bab 3.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
FILE TEXT (bab 4)
7. bab 4.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
FILE TEXT (bab 5)
8. bab 5.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (499kB) |
|
FILE TEXT (refrensi)
9. refrensi.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS 4 KMI DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PERIODE 14401441- M Makruf Al Arif 372016112638 Kulliyatu-l-Mu'allimin al-Islamiyyah Pondok Modern Darussalam Gontor terkenal dengan Panca Jiwa, Panca Jangka, dan Motto nya. Salah satu Motto nya adalah Berbudi Tinggi. Berbudi Tinggi menjadi landasan yang paling utama yang di tanamkan oleh pondok kepada seluruh santrinya dalam semua tingkatan dan seluruh pendidikan dan pengajaran harus mengandung budi pekerti. Keteladan guru merupakan figur yang harus di ikuti oleh seluruh murid dan guru telah menjadi contoh bukan hanya sekedar memberikan contoh kepada murid. Maka jika gurunya baik maka muridnya pun baik. Dan mampu mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari harinya. Namun beberapa siswa kelas 4 KMI masih ada yang belum mampu dan memiliki akhlak yang mulia baik akhlak kepada Allah, kepada manusia dan kepada dirinya. Hingga mengakibatkan mereka banyak yang melanggar disiplin. Bahkan semakin tinggi kelas semakin menurun akhlaknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Keteladanan guru KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. 2) Sifat sifat Akhlak santri kelas 4 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. 3) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh keteladanan guru terhadap akhlak santri kelas 4 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor periode 1440-1441. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif. Populasi murid kelas 4 KMI berjumlah 430 dengan pengambilan sample adalah 23% berjumlah 99 orang murid dengan metode acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) Angket, untuk mengetahui Keteladanan Guru KMI dan Akhlak santri kelas 4 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. (2) Dokumentasi, untuk mendapatkan data-data tentang gambaran pondok secara umum. Adapun analisis datanya menggunakan teknik regresi sederhana dengan taraf signifikasi 5%. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Keteladanan guru KMI Pondok Modern Darussalam Gontor tahun ajaran 1440-1441 H mencapai rata rata nilai 122,68 dengan derajat tinggi sekali. 2) Sifat Akhlak santri kelas 4 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor tahun ajaran 1440-1441 H mencapai rata rata nilai 105,26 dengan derajat tinggi. 3) Ada pengaruh yang kuat dengan nilai 0,379 atau 37,9% Signifikasi 0,05>0,000 antara keteladanan guru KMI terhadap akhlak santri kelas 4 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor periode 1440-1441. Dan nilai t hitung > t tabel 7701>1985 maka Hypothesis Alternative/Ha di terima Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti: 1) Diharapkan kepada bapak direktur KMI Pondok Modern Darussalam Gontor agar memperhatikan keteladanan guru dalam mengajarkan akhlak, khususnya meningkatkan dan mengevaluasi cara mengajar guru, agar sukses dalam menyampaikan materinya, karena penjelasan yang baik dari seorang guru akan membantu siswa dalam memahami materi. 2) Diharapkan kepada seluruh guru agar menjadi suri tauladan bagi muridnya karna apa yang di dengar,di lihat,dan dirasakan adalah pendidikan untuk murid. 3) Diharapkan kepada seluruh siswa agar meneladani guru yang baik dan berusaha menjadi pribadi yang baik dan menjadi contoh untuk teman temanya dalam kebaikan. Dan untuk peneliti yang akan datang untuk melengkapi dan menyempurnakan penelitian mereka dari apa yang telah mereka lihat dari penelitian ini yang masih banyak dari kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Dan agar meneliti lebih mendalam dan sempurna dari apa yang telah di tulis oleh peneliti.
Statistics Downloads of this Document
View Item |