Akbar Sansayto, Maston (2019) تأثير استيعاب الخطابة المنبرية في مهارة الكلام لطلاب الفصل الثالث التكثيفي بكلية المعلمين الإسلامية معهد دار السلام كونتور الحرم الثاني مادوساري سيمان فونوروكو جاوى الشرقية العام الدراسي: ١٤٣٩ - ١٤٤٠ هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (COVER)
COVERmaston fix.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (224kB) |
|
FILE TEXT (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (286kB) |
|
FILE TEXT (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (260kB) |
|
FILE TEXT (BAB 1)
BAB1.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (130kB) |
|
FILE TEXT (BAB 2)
BAB2.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (133kB) |
|
FILE TEXT (BAB 3)
BAB3.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (354kB) |
|
FILE TEXT (BAB 4)
BAB4.pdf - Published Version Download (367kB) |
|
FILE TEXT (BAB 5)
BAB5.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (76kB) |
|
FILE TEXT (REFERENSI)
REF.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (161kB) |
Abstract
Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 adalah salah satu Lembaga Pendidikan Islami yang memegang erat disiplin Bahasa. Bahasa Arab dan Inggris digunakan sebagai bahasa komunikasi yang resmi dalam kegiatan akademis dan non akademis, metode yang digunakan dalam pengajaran bahasa untuk santri adalah metode langsung atau direct method dan kegiatan-kegiatan harian serta disiplin yang baik mendukung keberhasilan dalam pengajaran bahasa di Pondok Modern Darusslam Gontor. Beberapa kegiatan mengacu pada keterampilan berbicara yang merupakan keterampilan dasar dalam pembelajaran bahasa selain keterampilan-keterampilan yang lain. Tujuan penelitian dalam pembahasan ini adalah untuk: (1) Mengetahui kemampuan siswa kelas 3 Intensif KMI gontor kampus 2 dalam penguasaan latihan berpidato (2) Mengetahui kemampuan siswa kelas 3 Intensif KMI gontor kampus 2 dalam kemampuan berbicara (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan dalam penguasaan Pelatihan Berpidato terhadap kemampuan berbicara siswa kelas 3 Intensif Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 Siman Madusari Ponorogo Jawa Timur Tahun Ajaran: 1439-1440 H. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif, Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas 3 Intensif KMI gontor kampus 2 yang berjumlah 94 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) Hasil Ujian, untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa kelas 3 Intensif KMI gontor kampus 2. (2)Dokumentasi dan Hasil Ujian, untuk mendapatkan data nilai prestasi siswa dalam Pelatihan Berpidato kelas 3 Intensif KMI serta untuk mendapatkan data-data tentang gambaran Pondok secara umum. Adapun analisis datanya menggunakan teknik korelasi product moment dengan taraf signifikasi 5% atau 1% dengan derajat kebebasan (df) 92. Dari analisis dapat diketahui hasil penelitian adalah: (1) penguasaan Pembelajaran Pidato siswa kelas 3 Intensif KMI Gontor kampus 2 tahun ajaran: 1439-1440 adalah maqbul dengan nilai 4,87. (2) kemampuan berbicara siswa kelas 3 Intensif KMI Gontor kampus 2 tahun ajaran: 1439-1440 adalah baik dengan nilai 6,56. (3) Ada pengaruh signifikan antara penguasaan uslub muthola'ah dan kemampuan berbicara siswa kelas 3 Intensif KMI Gontor kampus 2 tahun ajaran: 1439-1440, hal ini di tunjukkan dengan nilai 8,115 lebih besar dari pada nilai "t" dalam tabel 1% yaitu 2,367. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, diharapkan kepada (1) Para Pembimbing Pelatihan Berpidato di Pondok Modern Darussalam Gontor untuk memperhatikan, meningkatkan pengajaran dan pelatihan berpidato serta kemampuan berbicara untuk kelas 3 intensif kususnya, dikarenakan pelatihan berpidato mempengaruhi kemampuan berbicara siswa dalam meningkatkan kemapuan bahasanya, (2) untuk pengawas agar lebih semangat disaat mengawasi dan membimbing pelatihan pidato kelas 3 Intensif sehingga menguasai materi dengan baik, (3) untuk setiap wali kelas agar lebih memperhatikan siswa dalam peningkatan kemampuan berbicara khusunya pada saat pelatihan berpidato agar terciptanya lingkungan berbahasa yang baik.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | febriana maghfiroh |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 02:55 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 02:55 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2620 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |