Syarifah, Syarifah (2021) Desain Pembelajaran Addie (Analysis, Design, Development, Implementation, And Evaluation) E-Learning Pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam. Desain Pembelajaran Addie (Analysis, Design, Development, Implementation, And Evaluation) E-Learning Pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam, 12 (2). pp. 109-120. ISSN 2087-7064
FILE TEXT (Jurnal)
Jurnal Pendidikan Islam UHAMKA_Nov 21.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (242kB) |
|
FILE TEXT (Plagiarism)
Plagiarism.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (290kB) |
Abstract
Proses pelaksanaan pembelajaran daring atau pembelajaran e-learning dapat dijadikan solusi dalam masa pandemi COVID-19. Meskipun dalam pelaksanaannya masing sering terjadi permasalahan. Hal tersebut terjadi dikarenakan berbagai kendala diantaranya yaitu guru maupun siswa masih awam terkait pembelajaran e-learning, koneksi internet terbatas dan penyajian materi yang kurang menarik minat siswa. Berbagai permasalahan diatas, juga berdampak pada salah satu materi yaitu Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahap desain pembelajaran berbasis ADDIE, serta efektifitas penggunaannya dalam pembelajran e-learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. model desain ADDIE dilakukan sebagai berikut : a) tahap analisis b) tahap design materi, strategi dan media, c) tahap development d) tahap Penerapan desain pada situasi pembelajaran e-learning dan e) uji coba dan validasi oleh ahli, 2) Hasil validitas desain perencanaan pembelajaran berdasarkan validator materi mendapatkan hasil 3.49 dengan kriteria baik dan validator media mendapatkan hasil, 3.62 dengan kategori sangat Baik, dan 3) Hasil respon siswa dengan jawaban sangat baik terhadap desain media mencapai 78% .
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PAK Fakultas Tarbiyah |
Date Deposited: | 07 May 2023 02:30 |
Last Modified: | 07 May 2023 02:30 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2671 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |