Search for collections on UNIDA Gontor Repository

Implementasi Sistem Pendidikan Tauhid Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPIT Bias Yogyakarta

Syarifah, Syarifah (2022) Implementasi Sistem Pendidikan Tauhid Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPIT Bias Yogyakarta. Implementasi Sistem Pendidikan Tauhid Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPIT Bias Yogyakarta, 5 (2). pp. 457-465. ISSN 2655-0695

[img] FILE TEXT (Jurnal)
Jurnal Sustainable_5 Des 22.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (494kB)
[img] FILE TEXT (Plagiarism)
Plagiarism.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (522kB)

Abstract

Kajian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penanaman pendidikan agama di sekolah serta lingkungan masyarakat yang kurang memadai terlaksananya pendidikan agama. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, hasilnya menunjukkan bahwa 1). Implementasi sistem pendidikan tauhid di SMP Bina Anak Sholeh boarding school Yogyakarta berupa pendidikan tauhid shahih yang itba‟ kepada rasul dan sahabat. Implementasi sistem pendidikan tauhid di SMP bina anak sholeh boarding school terintegrasi kedalam kurikulum, yaitu dengan mengkolaborasikan kurikulum nasional dan kurikulum yayasan, dengan materi tambahan yaitu kitab burhan, nahwu shorof, tahfidzul qur‟an dan tahsinul qiroah dengan pembelajaran tauhid (kitab burhan) menjadi pembelajaran utama sebagai kurikulum yayasan, dengan menggunakan berbagai metode antara lain: (a). ceramah. (b). demonstrasi (c). diskusi. (d). simulasi (e). pengalaman lapangan. (f). halaqoh (g). sima‟an dan (h). tanya jawab, yang dilaksanakan pada corekurikuler,, intrakurikuler, dan ekstrakurikuler. 2). faktor pendukung implementasi sistem pendidikan tauhid yang diterapkan di SMP bina anak sholeh boarding school yogyakarta adalah sebagai berikut: (a) sumber daya manusia yang memenuhi kompetensi. (b). adanya pembinaan guru-guru SMP bina anak sholeh boarding school yogyakarta.(c). Mengkolaborasikan kurikulum nasional dan kurikulum pesantren. d). bersistem boarding school (pesantren). sedangkan faktor penghambat dalam implementasi sistem pendidikan tauhid yang diterapkan di SMP bina anak sholeh boarding school yogyakarta antara lain adalah: a). guru kurang menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran di kelas. b). latar belakang siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PAK Fakultas Tarbiyah
Date Deposited: 08 May 2023 02:36
Last Modified: 08 May 2023 02:36
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2676

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item