Journal Article Published

Integrative Thematic Learning Praxis of PPKn at MI Miftahul Huda Jepara

Syarifah, Syarifah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran tematik integratif mata pelajaran PPKn di MI Miftahul Huda, mengetahui hambatan yang muncul dalam melaksanakan pembelajaran tematik integratif mata pelajaran PPKn di MI Miftahul Huda, dan mengetahui solusi dalam menghadapi problematika pembelajaran tematik integratif mata pelajaran ini. Guna mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian menggunakan sumber data primer dan sekunder. Subjek penelitian yaitu guru kelas 1 MI Miftahul Huda. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data melalui uji kreadibilitas dan triangulasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan kelas yang kurang maksimal, kemampuan membaca dan menulis yang rendah, ketidakaktifan peserta didik dalam pembelajaran, metode pembelajaran kurang menarik, dan alokasi waktu yang kurang. Solusi yang ditempuh pihak sekolah dalam menghadapi problem tersebut adalah dengan mengadakan pelatihan kepada guru, menawarkan berbagai macam metode, media, dan strategi pembelajaran yang variatif, dan memberikan jam tambahan kepada peserta didik yang lamban dalam membaca dan kurang memahami materi pembelajaran.
Publication Details
JournalIntegrative Thematic Learning Praxis of PPKn at MI Miftahul Huda Jepara
Volume5 (2)
Pagespp. 152-165
ISSN2656-7296
Item ID2679
Deposited08 May 2023 04:01
Actions
Permalink
Statistics

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics